REGISTRASI PRA KEBERANGKATAN KE JEPANG BAGI PEMEGANG E-PASPOR

Posted: May 25, 2016 in Travel

Beda dengan kedatangan saya pertama kali ke Jepang di Tahun 2013 dulu, kali ini saya tak harus mempersiapkan pengurusan visa dengan repot. Karena apa? Karena Visa saya sudah E-PASPOR dooooong…..! *Pamer🙂

photo 1

Penampakan E-Paspor (kanan bawah ada Chips-nya)

Yup, semenjak pemerintah Jepang tanggal 1 Desember 2014 memberlakukan bebas VISA bagi WNI pemegang e-paspor, dengan syarat harus melakukan registrasi pra keberangkatan. Ga ribet kok ngurusnya, Cuma isi formulir REGISTRATION FORM FOR VISA WAIVER TO ENTER JAPAN (bisa di download disini : http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html ) yang sangat sederhana dibanding Visa, Cuma isi : Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, No.Paspor + Tanggal dikeluarkan + tanggal berakhir masa berlaku, Alamat Sekarang, dan No Telepon. Untuk segala macam bentuk administrasi, kedubes Jepang mewajibkan penggunaan kertas ukuran A4 ya!

Visa Waiver

Lumayan ngirit looh… untuk pengajuan Visa kan harus bayar. Gak mau rugi gitu deh ceritanyaaaa….🙂 Biaya untuk : Visa Single Entry Rp 330.000, Visa Multiple Entry Rp 660.000 dan Visa Transit Rp 80.000.

Untuk pengajuan registrasi, tinggal datang langsung ke Kedubes Jepang (karena saya di Jakarta) jadi datang ke Jl. M.H. Thamrin No. 24. Letaknya di samping The Plaza, ga begitu jauh dari Bunderan Indonesia. Untuk  waktu pengajuan resgistrasi sama dengan pengajuan Visa, dari jam 08.30 – 12.00 WIB. Sedangkan untuk pengambilan dari jam 13.30 – 15.00 WIB. Ketika berada di dalam ruangan pengajuan/pengambilan Visa tidak boleh melakukan panggilan telepon, harus keluar dulu.

Proses registrasi hanya 2 hari kerja (hasil proses diserahkan hari berikutnya). Tapi jangan mepet-mepet juga loh ya ngurusnya. Paitnya aja nih…siapa tahu DITOLAK. Jadi, bisa ada spare waktu buat apply Visa. Setiap ngurus Visa itu selalu bikin saya deg-degan, ibarat nunggu hasil ujian. Setiap hari H selalu muncul pertanyaan : Diterima…Ditolak…Diterima…Ditolak🙂 Dan taraaaa….inilah penampakannya :

photo 2

Contoh : Visa Waiver Registration

Ini yang harus diperhatikan mengenai VISA dan Regitrasi :

  • WNI pemegang paspor selain e-paspor tetap memerlukan VISA untuk masuk ke Jepang. Bebas VISA hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari, bila berencana untuk tinggal lebih dari 15 hari, atau tujuan bekerja di Jepang, wajib mengajukan permohonan VISA dengan mengikuti peraturan yang berlaku.
  • Bila ada penggantian paspor atau perubahan nama di paspor, wajib melakukan registrasi kembali dengan mengikuti ketentuan yang berlaku
  • WNI pemegang e-paspor yang masuk ke Negara Jepang tanpa melakukan registrasi bebas VISA sebelumnya, akan dicekal di Bandara Jepang. Karena itu, registrasi ini wajib dilakukan sebelum keberangkatan. Selain itu, ada kalanya petugas Imigrasi Bandara akan menanyakan tujuan kedatangan, durasi tinggal, ataupun informasi lainnya yang dibutuhkan, termasuk meminta unjuk tiket pulang-pergi maupun tiket menuju Negara lain. Dari hasil tanya jawab oleh petugas Imigrasi tersebut dimungkinan yang bersangkutan tidak dapat masuk ke Jepang.
  • Bagi WNI yang pernah dideportasi, dalam masa cekal, pernah melakukan pelanggaran hukum baik di Jepang dan atau pelanggaran hukum di Negara lain dan pernah menjalani masa tahanan 1 tahun atau lebih, tidak dapat masuk ke Jepang meskipun telah melakukan registrasi pra keberangkatan.

Sebagai info tambahan saja, untuk yang masih mengajukan Visa biasa bisa cek disini : http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html .

Dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sejak tanggal 28 Maret 2016 telah mengganti visa dengan desain baru  sebagai berikut :

Design visa jepang terbaru

Note:

Semua info yang saya tulis diatas, berdasarkan data yang ada di webiste resmi Kedubes Jepang, dan sewaktu-waktu bisa mengalami peribahan. Untuk lengkapnya bisa cek disini :  http://www.id.emb-japan.go.jp/home.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s