Jalan Jalan Turki Day-5 : BOSPHORUS CRUISE – GALATA TOWER – GRAND BAZAAR

Posted: May 12, 2016 in Travel

BOSPHORUS CRUISE

Dermaga Sehir Hatlari

2 Hari terakhir di Istanbul, dihabiskan dengan menikmati jalan-jalan di Selat Bosphorus. Pagi-pagi, kita sudah siap di terminal keberangkatan Cruise, ada 2 jenis : Jalur panjang, dan jalur pendek. Karena kita masih banyak tempat yang harus didatangi, jadi cukup naik cruise yang 1 jam perjalanan aja. Kita memilih kapal “Sehir Hatlari”, kebetulan ada yang berangkat jam 10. Tiket PP sebesar 12L untuk Short Circle Cruise. Selain Sehir Hatlari, ada juga “Turyol” tapi waktunya gak pas.

Kita pilih duduk di atas, meskipun anginnya lumayan kenceng ya.. Tapi ternyata salah posisi, harusnya kita duduk di sayap kanan. Pantesan aja tempat itu udah full pas kita masuk. Karena di sayap kanan ini banyak tempat2 bersejarah dilewati, akhirnya pas balik arah kita pindah ke bawah dan berdiri2 di dek bawah.

Di kapal ada yang jualan juga, minuman sm makanan. Ada cafe-nya, tapi ada juga yang menjajakan minuman langsung ke penumpang kayak orang jualan di kapal Ferry🙂 “teh..teh..es jeruk…”.

 

Pemandangan dari Kapal

Kelar berlayar menyusuri Selat Bosphorus, penasaran sama  Balik Ekmek, yaitu Kebab yang isinya ikan. Kita nongkrong dulu makan disitu karena porsi yang cukup besar jadinya dibagi 2. Ngirit juga sih sebenernya🙂

Ekmek Kebab

Rasanya? Lumayan. Kalo mau,bisa ditambahin (dikocrotin, halaah…bahasa apa pula ini)  air jeruk atau ditaburin cabe bubuk, Tapi di Turkey ini ga ada saos, jadi kita pakein saos sambel.
GALATA TOWER

Next, karena kemarin gagal menemukan Galata Tower, kita teruskan pencarian hari ini. Berbekal hasil browsing semalaman. Untung aja ada Wifi gratisan di hostel. Setelah akhirnya nanya-nanya juga, kita pun berhasil menemukan Galata Tower. Alhamdulillaah🙂

Wooow… Ternyata antrian sudah panjang! dan lumayan lama majunya. Ternyata untuk naik ke puncak, kita naik lift kayak kalau kita naik Monas gitu. Lift-nya ada 2, satu lift isinya paling cuma buat ber-5.

Ketika akhirnya sampai bagian kita, ternyata di atas ada resto+nya juga sama tempat buat foto2 pake baju khas Turkey. Kita sih pilih liat pemandangan aja dr atas tower, dan udah diatur muternya ke arah kanan,ga boleh salah arah ya.. Ntar tubrukan🙂 Ngeri-ngeri sedap sih kalo liat ke bawah, pemandangannya baguuuuus… Tapi lutut gemeteran takut ketinggian. Hihiii… Cuma dibatesin terali besi setinggi dada saya.

yang bikin merinding. Dan sangat terharu sih waktu kita diatas, pas kumandang Adzan Dzuhur bersahutan dr pengeras2 suara masjid.  Subhanallah Walhamdulillah wa Laailaahailallah Allahu Akbar.

Tidak begitu lama diatas, kita turun kebawah. Kasih kesempatan juga buat yang lain bisa nikmatin pemandangan yang sama, soalnya tempatnya juga sempit. Kalao lama-lama numpuk diatas kepenuhan.
WARUNG NUSANTARA

Restauran Nusantara

 

Lama meninggalkan tanah air, makan makanan jenis itu aja, membuat kita kangen dengan masakan Indonesia.

Dapat info dari “Bakpacker Dunia”, sebuah forum berbagi info backpacking keliling dunia di FB yang saya ikuti, ada sebuah resto Indonesia di Turki. Tempatnya tidak jauh dari halte tram Markez Efendi. Sangat dikenali, karena resto-nya begitu mencolok dengan tulisan berwarna merah. Agak sedikit melipir dari pusat keramaian tempat wisata2 yang kita datangi, tapi kita gak mikir² lagi demi makan masakan Indonesia.

Si Adik karena rindu nasi, dan kalau makan di resto Turki selalu nasi-nya jadi makanan sampingan dengan jumlah sedikit, dia pesan menu pecel ayam lengkap dengan sambal (tanpa sayuran tapi). Sedangkan saya cukup pesan Mie Ayam Bakso. Minumnya cukup es tteh manis, minuman favotit saya. Cukup lama terhidang, mungkin karena masaknya dadakan.

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan yang jaga resto, yang ternyata mahasiswa Indonesia yang kuliah di Turki, resto ini pemiliknya orang Indonesia (mba Melly) yang menikah dengan orang Turki. Pulangnya,kita beli Indomie yang ternyata dijual juga disitu. Hanya saja rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Turki.
GRAND BAZAAR

Grand BazaarGrand Bazaar2

Ke Turki ga mampir di Grand Bazaar, katanya kurang afdhol🙂 Apalagi disini banyak sekali produk yang dijual dari A-Z. Mulai souvenir, baju, scarf, perhiasan,makanan,dll.  Tapi inget sama tentengan kita yang cuma ransel, dan itupun sudah mayan full, plus “sangu” yang secukupnya🙂 kita (eh,tepatnya saya sih…) Hanya beli oleh2 secukupnya buat orang rumah dan beberapa teman. Itupun yang gampang dibawa, yg bentuknya printilan aja. Tempatnya luas banget! Sampai bingung pilihnya. Soalnya dari info yang pernah didapet dr blog walking, harus pinter2 nawar disini. Saya ga pinter  nawar. Mana yang jual pinter ngerayu pulak, hadeuuuh…
Modus rayuan-nya mereka,nanyain asal dr mana. Entah bener atau nggak, dia bilang punya sodara di negara kita. Bla..bla..bla… SKSD dulu lah ceritanya. Bahasa yang fasih mereka ucapkan adalah “Murah dan Saya Cinta Kamu”. Hahaaa… Bahkan ada yg terang-terangan bilang lagi nyari istri. Gokil! Modus yg sama dengan penjual di Saudi Arabia😉

Khusus oleh2 buat saya pribadi, karena dr mulai Umroh dulu sudah tertarik dengan baju muslim yang sering dipake perempuan Turki (semacam blazer terusan gitu). Kebetulan ada yang jual obral gitu, akhirnya dibeli juga meski menuh2in ransel :’) mayan buat lebaran, kan ga perlu bikin baju lagi.Itupun udah keitung mahal. Hikssss….
Karena muter2 tanpa arah, pas mau pulang bingung doong nyari pintu tempat kita masuk tadi. Soalnya pintu keluarnya banyak beneeeer! Sampai akhirnya tertolong oleh penampakan menara mesjid. Ya, tadi pas masuk saya sempat melihat ada mesjid besar dengan menara yang tinggi. Alhamdulillah…setelah kita menelusuri arah menara, akhirnya kita bisa keluar di pintu pertama kita masukin tadi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s