Jalan-Jalan Turki (Cappadocia) Day-1

Posted: February 12, 2016 in Travel

Jam setengah 5 kita sudah stand by di lobby hotel buat sarapan. Karena hotel kita lokasi meeting point Royal Balloon, jadi ga perlu repot sana-sini. Kita malah nungguin rombongan dari hotel-hotel lain datang. Setelah semua kumpul,kita pergi ke lokasi take off-nya si Royal Balloon. Jadi nih, tiap perusahaan Balloon itu ternyata sudah punya lokasi masing-masing.

Breakfast Hotel

Menu Sarapan Hotel

Satu ballon kita isinya sekitar 18 orang. Itu yang harga paling murah, kalo mau yang isinya dikitan harganya nambah lagi. Kalo buat kita mah cukuplah yg paling murah juga, itu aja udah mahal buat kantong kita. Cuma kalo ga naik balon ya penasaran juga udah sampe sini. Dan ini mimpi kita sejak dulu. Lama perjalanan untuk harga 150Euro itu (cuma) buat 1 jam aja!

Proses Balon collage

Dan setelah diperhatiin nih ya… Di group kita kan ada yang dari asia sama Eropa, naaah…ketauan kalo yang dari Asia itu malah sibuk foto2 (termasuk kita! Heheee…)  Kalo turis dari Eropa tuh anteng ngeliat pemandangan, mereka sesekali aja motret.

Tapi biarpun numpuk kayak naek metromini, ga usah khawatir kita gak dapet pemandangan bagus. Semua keren! Nanti juga bakal diputer-puterin view-nya sama pilot balonnya biar keliatan dari semua sisi. Yang paling keren sih waktu di lembah batu gitu balonnya sengaja diturunin sama pilotnya. Agak harap-harap cemas pas naik keatasnya kita sengaja dibikin panik dulu mau mentok batu! Pas udah deket, balonnya ternyata naik lagi. Fiuuuuuh…. Padahal buat saya yg takut ketinggian, naik balon aja udah ngumpulin nyali banyak. Lah ini harus ekstra nyali lagi buat manuvernya si bapak Pilot. Tapi kereeeen… Ga rugi bayar segitu mahal.

Balon2

Balon3

Ada lagi yang bikin deg-degan buat kita, yaitu saat pendaratan balon. Jadi naik si balon ini katanya kita ga bisa milih terbangnya kemana, karena sesuai arah angin. Naaah..pas mau landing itu, ntar  ada orang yang bantu kita landing dimana. Disiapin tempatnya, dibantuin landing biar balon ga goyang-goyang lagi pas mendarat. Dan itu butuh tenaga ekstra banget, dengan balon yang gede  dan penumpang yg segitu banyaknya.

Juljul Cappadocia3

Setelah balon mendarat dengan selamat sehat walafiat kita selebrasi! Kalo yg lain sih dikasih minum entah apa itu sejenis minuman beralkohol, kalo saya cukup jus aja🙂 dikasih snack juga, sama strawberry yg ada coklatnya. Nyammmmm…. Oh ya, kita dikasih medali juga loh yang mirip finisher lari gitu🙂

Dikasih Medali

Selesai semua,kita balik ke hotel. Bareng sama yang satu hotel sama kita, sama ada perempuan yang jadi semacam co-pilot gitulah. Nanyain kita dari mana. Trus si mbak² itu nanyain gimana kesannya ngeliat pemandangan di Cappadocia. Kebetulan kita lewatin yang Cave2 itu. Kata dia, itu ada yg masih ditempati. Iya sih.. Kan banyak juga tuh hotel-hotel yg emang sengaja dibikin di gua-gua itu. Tapi dipikir-pikir emang menakjubkan sih gimana caranya mereka bikin rumah-rumah batu itu. Jaman dulu kan peralatan ga secangggih kayak sekarang. Gimana mereka bolongin batunya, bikin ruangan, ada pintu sama jendelanya. Batu-nya tinggi-tinggi pula! Amazing… *tetiba inget Flinstone.

Landscape9

Sampai hotel kita makan lagi doooong!🙂 seperti kata resepsionisnya kemarin pas lagi check in, kamu bisa makan lagi abis naik balon, sepuas-puasnya! Hehee… Emang kalo nginep disini makanan berlimpah banget. Jadi kita puas2in aja sarapan,kalo bisa numpukin di perut buat makan siang biar ngirit🙂

Kelar sarapan,kita balik lagi ke kamar dan tiduuuuuur! Habis dzuhur (disini siang banget, jam 1-an. Ashar masih mirip sekitar jam 3, Maghrib dama Isya-nya malem banget. Maghrib jam 8-an dan isya jam 10-an. Udah ngantuk. Hehee…). FYI, untuk jadwal sholat kita bisa cek disini : http://www.islamicfinder.org/world.php

Kita keluar menuju Goreme Open Air Museum. Jalan kaki dari hotel, dan lumayan jauuuuuh. Tapi kalau mau naik angkutan, ada sewaan sepeda,motor, sama ATV. Jadi,kalau kesini usahakan pake alas kaki seeeeee-nyaman mungkin yg biasa dipake jalan jauh.

Goreme Open Air
Goreme Open Air Museum itu  dulunya adalah kompleks gereja yang dibangun dari batuan, sekarang dijadikan museum. Gak lama juga kita disini dan cuaca juga tidak begitu mendukung. Angin kencang, dan tak lama kemudian hujan. Kita mampir di sebuah kedai yang menjual Testi Kebab yang unik (Harga 25TL) Dibikinnya pake kayak kendi dari keramik gitu. Kalau mau dimakan, tengahnya diketok-ketok dan terbelah jadi 2! Baru isinya kita makan. Rasanya? Nyaaammmmm… Yang kurang disini adalah : kurang pedessssss! Kalo di Indonesia mungkin sudah pada kreatif dibuat level 1-dst🙂

Testi Kebab Goreme

Pulang dari situ,kita mampir ke Otogar (terminal bus) beli tiket bus ke Istanbul untuk keberangkatan besok. Habis itu,balik lagi ke hotel untuk istirahat. Semua kita lakukan dengan berjalan kaki. Jadi, siapkan fisik yang kuat ya…sekalian berolahraga🙂

Cappadocia atau orang lokal menyebutnya dengan Kapadokya, yang berarti negeri dengan kuda-kuda yang indah. Adalah daerah bersejarah di Anatolia Tengah, terutama di Provinsi Nevşehir di negara Turki modern, sekitar 12 jam perjalanan dari Istanbul dengan perjalanan darat, atau 1 jam perjalanan udara melalu bandara Kayseri.

Mengunjungi Cappadocia mengingatkan saya akan film Flinstone🙂 Disini kita bisa membuktikan bahwa ribuan tahun yang lalu memang ada orang yang hidup di gua batu. Bahkan, sampai sekarangpun gua tersebut masih dipakai. Meski bukan untuk tempat tinggal, tapi untuk hotel dan restoran.

Menurut sejarah, Kota ini pertama kali diukir oleh bangsa Het dari kerajaaan Hittites lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Kerajaan Hittites merupakan salah satu imperium termaju di dunia kuno yang berkuasa dari 1700 SM sampai 1190 SM. Karena keunikan dan sejarahnya, Cappadocia ini masuk kedalam jajaran UNESCO World Heritage Site.