Korea Day -5 : Changdeokgung Palace , Bukchon Hanok Village , Seoul Central Masjid, Hangang River

Posted: December 21, 2014 in Travel
Tags: , ,

Selasa, 13 Mei 2014

Changdeokgung Palace and Huwon (창덕궁과 후원) [UNESCO World Heritage] 

Changdeokgung Palace

Mungkin selama ini sebagian besar wisatawan kalau ke Korea berkunjungnya hanya ke Gyeongbukgung Palace, begitupun hal-nya dengan saya. Tapi karena kunjungan saya ke Korea bersama si Adik ini adalah yang kedua, kita mencari-cari tempat apa lagi yang bisa dikunjungi. Setelah melihat-lihat peta wisata, ternyata ada tempat yang menjadi UNESCO World Heritage : Changdeokgung Palace, yang merupakan istana kerajaan kedua yang dibangun setelah Gyeongbukgung Palace. Istana ini terdiri dari area publik, bangunan tempat tinggal keluarga kerajaan, dan kebun belakang. Yang saya suka dari bangunan Changdeokgung Palace ini adalah di beberapa bangunannya ada perpaduan antara budaya Korea dan Jepang. Seperti ini :

Changdeokgung Palace2

Selain itu, yang unik dari istana ini adalah keberadaan dari Secret Garden, tidak sembarang orang bisa masuk kesini, ada jam-jam tertentu dibedakan kunjungannya untuk Korean citizens dan foreigner. Kalau untuk foreigner, pemandunya berbahasa Inggris. Tiket Masuk ke istana ini untuk paket Palace + Secret Garden, Adult 8000 Won, sedangkan untuk Palace 3000 Won.

Secret Garden

Waktu terbaik berkunjung ke Secret Garden ini katanya sih di musim salju dan musim gugur (ketika musim gugur pada puncaknya dan daun baru saja mulai berjatuhan) .Tapi saking luasnya dan kita masih ada beberapa tempat yang dikunjungi, tidak sampai selesai kita langsung balik arah dan pulang! Hahaaa…. Istana ini tutup setiap hari Senin. Info lebih lengkap bisa di klik disini : http://english.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264348

How to get there : Jongno 3(sam)-ga Station (Subway Line 1, 3 or 5), Exit 6. Go straight along Donhwamun-ro Street for 10min. Anguk Station (Subway Line 3), Exit 3. Go straight for 5min

Bukchon Hanok Village (북촌한옥마을)

Setelah lumayan pegel mengelilingi Changdeokgung Palace, kita melanjutkan perjalanan ke Buckchon Hanok Village yang katanya masih berdiri rumah-rumah tradisional ala Korea.

Ditengah jalan, kita tertarik untuk menikmati Ice Cream Korea yang sedari dulu kesini penasaran pengen nyobain. Mungkin Ice Cream dimana-mana sama saja ya rasanya, tapi bentuknya itu yang unik loh… Corongnya ada 2! Untuk itu saya menamakannya “Ice Cream Romantis” J Karena kalau di Korea-nya sendiri, katanya Ice Cream itu biasa dimakan oleh pasangan. Karena saya tidak pasangan, Ice Cream itu kita potong saja jadi 2. Hihiii…. Yang membuat beda mungkin rasa “Cone”nya yang sedikit keras dan terbuat dari tepung beras.

Ice Cream

Setelah puas leyeh-leyeh dan menanyakan arah ke pusat informasi tourist yang menurut saya sangat membantu sekali ketika berkunjung ke Korea, karena mereka di tempatkan di lokasi-lokasi strategis yang sangat dibutuhkan.

Buckhon HannokVillage

Sayangnya, kita hanya bisa melihat-lihat rumah tradisional ini dari luar, karena sebenarnya ini masih perumahan dan dihuni. Untuk itu banyak dipasang rambu-rambu di sekitarnya yang mengingatkan agar kita tidak membuat keributan. Akhirnya kita disini Cuma lihat-lihat sebentar dan langsung melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya yaitu ITAEWON. How to get there : Anguk Station (Seoul Subway Line 3), Exit 2. Go straight for about 300m to arrive at Bukchon Hanok Village http://english.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=561382  

Seoul Central Masjid

Seoul Mosque

Sebelum menuju Hangang River, kita sempatkan untuk sholat dulu di Seoul Masjid yang terletak di wilayah Itaewon. Buat yang belum tahu, Itaewon ini merupakan lokasi di wilayah Korea yang banyak dihuni oleh orang asing. Selain ke mesjid, kita juga sekalian nyari makanan halal yang banyak terdapat di lokasi sekitar mesjid. Ada satu tempat makan yang pernah kita singgahin waktu ke Korea dulu, nama resto-nya “MUREE”. Mereka jual Korean Food Halal, harga-nya sih ga murah-murah amat. Tapi ini cukup mengobati kerinduan kita untuk makan masakan Korea di negara Korea-nya sendiri, tanpa harus ketakutan menikmati masakan Non Halal.

Muree Resto

How to get there : Take Seoul Subway Line 6 and get off at Itaewon Station (Exit 3). Go straight and you will find Itaewon Fire Station. Turn right and go uphill about 100 meters. At the three-way intersection, turn left and walk about 200 meters.  

Hangang River

Maksudnya main ke sini, kita mau naik cruise keliling Hangang River. Nyari-nya yang regular saja. Tapi apa mau dikata, ternyata jadwal di web yang kita jadikan referensi tak sesuai kenyataan. Jadilah kita tertinggal gak bisa naik kapal-nya. Ada paket lain, tapi rasanya cukup mahal buat kantong kita🙂 Akhirnya kita hanya berpuas diri dengan duduk-duduk santai di pinggir Hangang River sambil menikmati sore dan membayangkan film Korea “The Host” yang pernah kita tonton, bercerita tentang monster yang tiba-tiba muncul di sungai ini🙂

Hangang River

Ternyata tempat ini cukup ramai dijadikan tempat santai orang Korea-nya, ada yang bawa tikar, ada yang bawa tenda, mau bersepedaan juga ada.

How to get there : Yeouido Dock Yeouinaru Station (Subway Line 5), Exit 3. Yeouido Dock is 5min from the station. Jamsil Dock Sincheon Station (Subway Line 2 ), Exit 7. Take a taxi to Jamsil Dock. Ttukseom Dock Ttukseomnyuwonji Station (Subway Line7), Exit 3. Ttukseom Dock is 300m from the station.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s