Korea Day 4 : Insa-dong Market , Namsan Tower, Namdaemun Market,

Posted: December 21, 2014 in Travel

Busan – Seoul

Senin, 12 Mei 2014

KTX Dari Busan – Korea : Jarak tempuh sekitar 3 jam (2 jam 58 menit). Ada 3 tingkatan harga untuk Adult : First Class (KRW 80200), Standard Class (KRW 57300), dan Standing 54.400). Kita pilih Standard Class, Kurs 1 KRW sekitar Rp 12, total harga tiket sekitar Rp 687.600. Untuk anak-anak beda harga lagi, lebih murah. Untuk pembelian tiket secara online bisa klik link dibawah ini, tiket bisa dibeli sebulan sebelumnya di web ini : http://www.letskorail.com/ebizbf/EbizBfTicketSearch.do#

Berangkat dari Busan pagi, kita sampai Seoul diperkirakan siang hari, dan sudah bisa check in hostel. Tidak usah bawa print out booking tiket, kita tinggal tunjukin saja email dari KTX-nya dan Kartu Kredit yang kita gunakan saat booking online. Kalaupun tidak punya Kartu Kredit, bisa beli langsung di loket penjualan.

KTX

Ada hikmahnya juga ternyata batal pergi ke Jeju, kita dikasih kesempatan buat naik kereta cepat. Waktu di Jepang belum kesampaian naik Shinkansen, selain harganya mahal, kita juga jalan-jalannya masih di sekitar Tokyo. Paling jauh ke Gunung Fuji pun masih bisa dijangkau Bus.

Banana Bacpacker Hostels

Banana Backpacker

Sampai Seoul Station, kita langsung cari hostel yang sudah kita booking. Dari Seoul Station, kita naik Subway menuju Seodaemun Station. Pas keluar station, seperti biasa…bingung arah🙂 sempat tanya-tanya sama orang lewat, dengan menunjukkan peta hasil print sendiri petunjuk menuju hostel dari internet. Untungnya ada yang tahu, dan ngerti bahasa Inggris (ini yang terpenting!), kita ditunjukin arah menuju arah hostel. Letaknya tidak persis di pinggir jalan, tapi lumayan dekat dengan subway dan beberapa lokasi wisata. Btw, “dekat” disini tentunya bukan sepelemparan batu ya, sekali lagi saya ingatkan : traveling ala backpackerdi Korea ini harus kuat jalan kaki jauh dan naik turun🙂 pakai sepatu yang senyaman mungkin, dan enak untuk dipakai berjalan-jalan.

Hostel-nya nyaman banget. Meskipun ruangannya agak sempit ya… (tipikal hostel budget), beda sama hostel yang pernah kita tempatin sebelum-sebelumnya. Kalau Banana ini mirip kayak hotel. Ga disediain minum air putih (kalau air kran bisa diminum langsung), tapi kita bisa beli air putih dengan harga yang lebih murah dibanding kita beli diluaran.

Insa-dong Market

Istirahat sebentar lurusin kaki, isi perut dan sholat. Karena naik KTX gak capek-capek amat, tidak lama kita siap-siap jalan lagi menuju Insa-dong Market dan Namsan Tower (lagi!)🙂 Dulu pas ke Korea tidak sempat ke Insa-dong. Selain itu kita ingin juga merasakan Namsan Tower di sore dan malam hari, dan sebetulnya ini juga di luar rencana sih, seharusnya kita masih di Jeju. Jadi sekarang kita akan jalan suka-suka tanpa itinerary yang sudah ditentukan sebelumnya. How to get there-nya bisa kita cari via internet.

Insadong Market

Pertama yang kita tuju adalah Insa-dong Market. Tempat jualan Souvenirs, Traditional Crafts, dan Artworks. Lokasi belanja disini lebih tertata rapi. Ada satu lokasi yang khusus jual barang-barang yang gak pasaran.

Souvenir

Disini kita nemu makanan khas yang sebenarnya menjijikkan sih, tapi banyak yang beli! Hihii… Makanan-nya berbentuk kotoran manusia! Terbuat dari tepung beras. Selain itu, ada juga minumannya yang terbuat dari beras juga.

Kue Korea

How to get there

Take Subway Line No.1 to Jonggak Station and go out of Exit No.3, walk toward Jongno 2-ga and make a right at Kum Kang Shoes building.

Or

take Subway Line No.3 to Anguk Station and go out Exit No.6, turn onto the street where Crown Bakery is located 30 meters away.

Namsan Tower

Tidak lama kita keliling Dongdaemun kita lanjut ke Namsan Tower, baru hari pertama di Seoul, jangan sampai kebablasan shopping🙂

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, dari subway Myeong-dong station kita memilih naik cable car menuju Namsan Tower. Dari subway station harus jalan kaki terlebih dahulu menuju cable car station-nya, jalannya nanjak!. Semoga saja bisa bolak-balik dan tidak terganggu cuaca buruk, agak gempor juga kalau harus jalan kaki lagi kayak dulu. Cuaca Seoul masih dingiiiiiin….. dan ternyata di atas anginnya sedang kencang-kencangnya, alhasil kita kedinginan. Tapi tetep lah narsis foto-foto!🙂 Brrrrrrrrrrrrr…..

Sunday-Thursday Observatory: 10:00-23:00 Restaurant: 11:00-23:00 Alive Museum: 10:00-22:00 (Last entry: 21:00)

Friday-Saturday Observatory: 10:00-24:00 Restaurants (n.GRILL/Hancook): 11:00-23:00 The place dining: 11:00-24:00 (Last seating: 23:00) Alive Museum: 10:00-22:00

How to get there :

walk for about 10~15 minutes following the street of the right side of the Pacific Hotel, after coming out of Myeong-dong Station (Seoul Subway Line 4), Exit 3.

Namdaemun Market (남대문 시장)

Karena masih dalam episode nyantai, sepulang dari Namsan Tower, kita menuju Namdaemun Market. Apalagi kalau bukan belanja sekalian isi perut!🙂 Tteobokki adalah pilihan untuk makan malam kita, murah meriah. Itupun satu porsi dimakan berdua, karena porsi makan di Korea itu banyak.

Topokki

Ada satu toko souvenir yang dulu pernah kita masukin juga pas ke Korea (dulu waktu pertama ke Korea, tempat menginap kita dekat dengan Namdaemun Market ini) dimana penjaganya bisa berbahasa Indonesia. Pssssssssssssst….dan penjaga toko-nya mirip loooh sama si Oppa Bae Yong Jun-nya Winter Sonata🙂 Karena kita juga masih beberapa hari lagi di Korea, jadi saya agak menahan diri juga biar gak belanja banyak-banyak dulu, padahal laper mata juga sih liat banyak yang lucu-lucu. Kita prioritaskan dulu nyari titipan dari keluarga, kalau harus belanja banyak takutnya duit tidak cukup sampai hari terakhir di Korea. Harus pandai-pandai mengatur budget.