Korea DAY-1 : BUSAN MUSEUM, HAEUNDAE BEACH, GWANGALI BEACH

Posted: December 21, 2014 in Travel

CGK – KUL 8 Mei 2014 – 4.35 PM

KUL- PUS 9 Mei 2014 –  1 AM

Di hari-H keberangkatan, kita berangkat dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Jam 4:35 PM. Penerbangan dari Kuala Lumpur ke Busan menggunakan Air Asia-X, dengan jam keberangkatan pukul 1 AM Waktu Kuala Lumpur. Waktu penerbangan ke Busan waktu itu, pas di hari yang sama mulai dihentikannya operasi Air Asia di LCCT dan dipindahkan ke KLIA2. Rencananya, kita transit lama di LCCT bisa istirahat makan dan sholat. Jadi ga perlu pesan makanan di Pesawat, biar irit.

Tapi apadaya rencana tinggal rencana. Pas sampai LCCT, karena besoknya akan pindah ke KLIA2, semua penjual makanan sudah pada beres-beres. Sebagian sudah tutup, dan sebagian yang masih buka itupun yang tersedia hanya makanan seadanya. Toko Roti-pun laku keras! Bahkan roti tawar yang tidak ada isi apa-apanya pun terpaksa kita beli untuk ganjel perut😦

LCCT Hari Terakhir Operasi

Rasanya lamaaaaa….sekali nunggu jam 1, apalagi dengan perut lapar. Tapi sampai naik pesawatpun kita sudah males lagi makan. Saatnya waktu biologis tidur. Meski tidur agak-agak ga nyaman (seperti biasa) takut sama turbulence, Alhamdulillah… selamat sampai Busan di pagi keesokan harinya. Jalur MRT di Busan tidak seribet di Seoul. Dari bandara Gimhae International Airport Pusan (mereka menyebutnya seperti itu,bukan Busan) kita bisa naik kereta Bandara menuju pusat kota. Penginapan kita di daerah Daeyon (Kim’s House) , dengan kereta bandara kita menuju pemberhentian terakhir di stasiun Sasang, lalu pindah jalur ke line-2 (warna hijau) dan turun di Daeyon. Peta Busan tidak serumit Seoul, masih belum terlalu banyak line-nya.

Busan Subway

Meskipun sudah pegang Peta, tetep aja masih suka pusing nyari alamat. Apalagi mereka masih banyak menggunakan Hanggeul, dan orang yang ditanya ga pada bisa bahasa Inggris. Tapi kok gak kapok ya kita kesana. Hihii…  Kita tanya ke Polisi yang ga bisa English, kita nanya pake English, dia jawab pake bahasa Korea, dengan pake Bahasa Tarzan tunjuk-tunjukan tanganpun jadi. Sampailah pada akhirnya kita di Kims House yang ternyata memang rumah banget Hostel-nya, adanya pun di tengah kompleks perumahan🙂

Si Oppa Kim-nya sendiri yang terima kita. Dengan antusiasnya kita dikasih Peta Busan lengkap dengan keterangan kemana saja kita bisa main dari lokasi sekitar rumahnya yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Tapi…bagaimanapun kita tetap tidak percaya ukuran jarak “jalan kaki” yang suka mereka tuliskan di peta or internet sebagai petunjuk arah. Ke lokasi-X bisa dijangkau dengan jalan kaki 5 menit. Itu 5 menit versi mereka, versi kita orang Indonesia bisa plus..plus… Belum nyasarnya! Hahahaaa…

Sebelum jalan lagi, kita istirahat lurusin kaki dulu. Lumayan juga perjalanan Kuala Lumpur – Busan cukup melelahkan. Hari pertama di busan ini, rencana kita akan mengunjungi lokasi : Busan museum, Haeundae Beach, dan Gwangali Beach. Susur Pantai ceritanya🙂

BUSAN MUSEUM

Museum Busan2

Sama seperti suasana kebanyakan museum di Indonesia, sepi. Karena lokasinya dekat dengan penginapan, kitapun mampir kesini. Isi museum-nya mengingatkan saya dengan Drama Korea “My Love From The Stars” nya Kim Soo Hyun (Do Min Joon). Karena di museum ini berisi sejarah Korea dari jaman dahulu kala sampai sekarang, lengkap dengan peninggalannya berupa senjata, baju, alat makan, uang, perhiasan, dll. Yang bikin kita melongo sih, ada beberapa peralatan yang biasa dipakai kita sehari-hari, sudah masuk Busan museum, padahal di Indonesia masih ada yang pakai. Uwooow…..!

Museum Busan1

Keluar museum, kita foto-foto dulu di halamannya. Asri banget tamannya, banyak bunga, dan sangat terawat! Disini kita juga banyak menemukan manula yang lagi santai duduk-duduk di taman. Malahan si adik sempat minta foto bareng sama Ibu-ibu yang bawa anak perempuannya yang lucu, dan mereka melayani dengan ramah, meskipun kita berkomunikasi dengan bahasa tarzan.

Museum Busan3

HAEUNDAE BEACH

Di sekitar Busan Museum itu sebenarnya masih ada beberapa lokasi yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki, namun kita memutuskan untuk langsung ke Haeundae Beach. Buat yang suka film Korea mungkin pernah mengenal tempat ini, karena pernah dijadikan judul film tentang bencana tsunami yang lumayan terkenal.

Bagusnya kalau mau kesini pas summer, katanya ramai. Tapi berhubung kita kesana pas awal bulan Mei dimana uadaranya masih dingin semriwing, jadi pas kesana masih belum crowded. Kalau dari pantai, Indonesia tidak ada duanya. Tapi disini kita bisa menemukan sisi lain, disekitar pinggir pantai sudah ramai dengan bangunan. Lebih banyak turis lokal disini,dan hebatnya…ada Wifi loh di pantai! Lumayan kenceng malah sinyalnya. Jadi kapanpun dimanapun kita bisa update status *halah🙂

Ini suasana di Haendae Beach di beberapa spot yang kita lalui :

Haeundae PAnorama

How to get there : Take line 2 to Haeundae Station and leave exit 5. Head straight and you will arrive at Haeundae Beach.

 

GWANGALI BEACH

Gwangali

Selanjutnya, masih dalam rangka susur pantai, kita lanjut ke Gwangali Beach. Sengaja pilih ke Haeundae dulu, karena Gawangali each ini lebih mendekati ke arah penginapan di Daeyon. Kurang lebih sama dengan pantai sebelumnya, yang sedikit membedakan adalah warna pasirnya yang lebih gelap. Suasananya pun menjelang malam lebih rame, banyak berdiri bangunan tinggi dan tempat hiburan malam. Sebelum tambah malam, kita langsung cabut meninggalkan tempat ini dan kembali ke penginapan🙂

Oh ya, ada yang unik ketika naik subway, dimana setiap pemberhentian station yang ada pantai-nya terdengar bunyi burung camar dari pengeras suara. Jadi jangan takut terlewat, karena seakan kita diingatkan untuk turun🙂

How to get there : Take subway line no. 1 from Busan Subway Station and transfer from subway line no. 1 to no. 1 at Seomyeon Station. Get off at Gwangan Station(subway line no. 2, exit 3 or 5) and walk 5 minutes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s