Wisata Jawa Timur : Pulau Madura

Posted: September 17, 2014 in Travel

Sering ke Surabaya? Kalau sudah bingung  mau kemana lagi jalan-jalan di Surabaya (meski Surabaya kota yang tidak pernah bosan kita jelajah, terutama kulinernya) mari kita sedikit melipir ke Madura.

Selamat Datang di Madura

Dulu…pernah sekali nyebrang jembatan Suramadu dari Surabaya, hanya untuk mengobati kepenasaran. Bener-bener Cuma melintas jembatan, habis itu bali lagi🙂 iseng banget ya! Kebetulan ada teman yang menikah di Surabaya, sekalian minta diajak main ke Madura. Waktu itu saya berempat, dan ada yang berbaik hati mengantar jalan-jalan ke Pulau Madura dengan mobil (Suwun buat Cak Adi dan temennya).

Melewati jembatan Suramadu, seharusnya tidak boleh berhenti. Ada petugas patroli yang wara-wiri siap bertugas menghalau siapa saja yang berhenti di tengah jembatan. Tapi emang dasar kita bandel ya, berhenti sebentar dong buat foto. Tak lama kemudia di seberang ada patroli, dan menyuruh kita segera jalan kembali. Kabuuuuuuur…..🙂

Gerbang Tol Suramadu

Aturan di jembatan Suramadu memang keras ya, tapi yakin banget sih itu demi keselamatan penumpang. Untuk itu, tolong jangan ditiru kelakuan narsis kami diatas. Selain itu, ada aturan juga buat motor, jika angin sedang bertiup kencang, jembatan ini terkadang ditutup untuk keselamatan para pengendara motor. Tapi anginnya memang kencang banget di jembatan ini, tidak percaya? Coba deh ketika melintas buka jendela kaca mobil anda.

Suramadu3

Sampai di ujung jembatan, setelah keluar gerbang tol banyak berjejer penjual souvenir khas Madura. Kami terus melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata kuliner yang katanya paling nge-heitz di Madura “Nasi Bebek Sinjay” di Jl.Ketengan Bangkalan, Madura. Karena belum lengkap kalau ke Madura kalau belum mampir disini. Benar saja, sesampai disana ternyata sudah penuh! Mau makan disini harus sabar antri dan sedikit tarik urat buat pesan makanannya, dan untungnya ada yang siap bersedia mengantrikannya buat kami :)  Inilah penampakan warung nasi bebek sinjay  yang ternyata emany Yummy banget. Terutama sambelnya rek….puedessssssss!

Bebek Sinjay

Kenyang makan, kami melanjutkan perjalanan ke Masjid Agung Bangkalan untuk sekalian menunaikan sholat Dzuhur.

Mesjid Agung Bangkalan Madura

Setelah itu, kami memutuskan untuk pulang menyebrang ke Surabaya dengan kapal fery. Tujuannya, ingin memotret Jembatan Suramadu dari kejauhan dan Monumen Jalesveva Jayamahe. Dari dulu penasaran banget pengen ke monumen ini, tapi katanya akses menuju monumen ini terbatas karena berada di kawasan Angkatan Laut, jadi  cukup memotret dari jauh juga cukup puas deh… menurut saya patung ini cukup keren, mengingatkan saya dengan Patung Liberty yang ada di Amerika.  Padahal ke Amrik juga belum pernah🙂

Suramadu2

Jalesveva Jayamahe berarti “Di Laut Kita Jaya”, merupakan slogan dari Angkatal Laut Republik indonesia. Patung ini diresmikan oleh Presiden Soeharto 5 Desember 1996.

Suramadu1

 

Begitulah sekilas perjalanan saya ke Pulau Madura. Meski sebenarnya belum puas ya, ada 1 spot yang masih penasaran ingin dikunjungi yaitu Bukit Kapur. Dulu pernah lihat liputannya di Tv, dan sepertinya keren. Mudah-mudahan kapan-kapan bisa kesana ya… Aamiin.

Bridge Resize

 

Bonus tulisan : Kuliner Surabaya🙂

Seperti kita tahu, Kuliner di Surabaya itu tidak pernah ada matinya. Ini tempat-tempat kuliner enak yang pernah saya datangi :

Es Cream Zangrandy

Katanya ini Es Cream paling tua di Surabaya, kalau di Jakarta mungkin bisa dipersamakan dengan Ragusa ya… Zangrandi ini berdiri sejak 1930. Banyak cabangnya, tapi waktu itu saya makan yang di Jl.Yos Sudarso. Apalagi pas kesana, pas panas, hmmmmmm……nikmat banget! Pas udah balik ke Jakarta, pernah bela-belain ke Kelapa Gading karena pengen makan es ini lagi🙂 Malah waktu di Surabaya, teman saya bela-belain mau bawa ke Jakarta. Hehee…

Zangrandi

Tahu Campur Cak Kahar

Di Jakarta banyak tukang jualan Tahu Campur, tapi yang asli di Surabaya-nya ini lebih enak. Waktu itu saya diajak makan Tahu Campur di Jl. Embong Malang (Depan JW Marriot), Tahu Campur Cak Kahar. Selain Tahu Campur, disini juga ada Tahu Tek.

TAhu Campur Cak Kahar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s