Wonderful Indonesia : Bandung Selatan

Posted: September 11, 2014 in Travel

Perjalanan ini sebetulnya sudah lama dilakukan, tapi ternyata saya lupa nulisnya!🙂 Pas lihat-lihat blog, baru nyadar kalau perjalanan backpacking ke Ciwidey di akhir Desember 2013 lalu belum ditulis.
Karena waktu yang diambil adalah long weekend, libur natal pula, saya dan si adik sudah jauh-jauh hari merencakanakan ini semua. Dari mulai reservasi tiket kereta api Jakarta-Bandung, sampe reservasi penginapan.

Mengingat itu hari libur panjang, kalau naik bus pasti macet banget di tol Cipularang. Bisa kesorean sampe Ciwidey, soalnya dari Bandung kota ke Ciwidey itu masih sekitar 1-2 jam lagi kalau naik angkutan. Begitu juga untuk penginapan, setelah browsing sana-sini, akhirnya kita memutuskan menginap di sebuah cottage yang di kelola Perhutani di kawasan taman wisata Cimanggu, dengan alasan ada sumber air panasnya. Kalau mau berendem air panas tinggal nyebur.

Jadi ingat, beberapa tahun lalu pernah juga ke Ciwidey bareng temen-temen disaat libur panjang. Karena tol macet parah,kita sampe Ciwidey udah sore banget. Penginapan sudah pada penuh, akhirnya kita nginep di “hostel” yang pasang tarif short term. Hiiiy… Serem juga sih awalnya, tapi kita kan banyakan satu kamar. Kalau ada yang macem-macem kita keroyok aja rame-rame🙂
Naik kereta paling pagi dari Jakarta, sampe stasiun Bandung langsung cari angkot yang ke Ciwidey. Ternyata ga ada yang langsung, kita harus ke Kebon Kalapa dulu terus naik colt ke Ciwidey. Ongkos colt dulu masih Rp 10.000, dan duduknya juga desek-desekan🙂

Sampe terminal Ciwidey udah siang, dan ternyata… Kondisi beda banget sama dulu pernah kesini bareng temen-temen sekitar Tahun 2007-an. Turun dari colt udah disambut sama tukang Ojek yang banyak mangkal di terminal. Kalopun ada angkot kosong ,mereka nawarinnya harga carteran. Kalau rame-rame sih bisa murah jatohnya, cuma berdua mah rugi bandar🙂 Akhirnya kita keluar dulu, nunggu angkot-nya deket pintu keluar. Meski lamaaaa..nunggu,akhirnya ada juga angkot yang bisa satuan tanpa carter.

Cimanggu

Cimanggu Hot Spring

Rencananya, kita mau ke penginapan dulu buat check in dan istirahat sebentar, habis itu lanjut jalan ke Kawah Putih. Wah..ternyata penginapannya ga sebagus yang ada di foto or yang dibayangkan dan kurang begitu terawat. Agak spoky juga sih sebenernya, tapi masa iya gak jadi? Udah dibayar mahal😦 kita booking satu rumah ukuran kecil, satu kamar, tempat berendam air panas di dalam, kamar mandi di belakang plus dapur, sama ruang tamu dengan Tv. Buat masak air sama mie, kita pinjem panci sama pengelola-nya.

Mobil Perhutani

Setelah cukup istirahat, kita lanjut ke Kawah Putih. Dari penginapan ga gitu jauh, kita naik angkot sampe gerbang kawah putih. Dari situ kita lanjut naik mobil wara-wiri sampai ke kawah putihnya. Tiket masuk kawah putih plus wara-wiri PP dari tempat parkir-kawah putih-tempat parkir total berdua Rp56.000. Kalau memang belum tau medan, yang udah bawa mobil juga mending tinggal di parkiran deh..medannya naik-turun plus berbelok-belok. Pas kita naik keatas ada juga mobil yang gak kuat naik, mana pas di tanjakan, serem deh.. Takutnya dia mundur dan dibawahnya sudah banyak mobil antri tertahan naik. Saya banyak-banyak berdoa memohon keselamatan. Untung abang sopir wara-wirinya lihai, dia segera ambil jalur balik sebelahnya cari aman menghindari mobil mundur. Fiuuuh…lega! Alhamdulillah…

KP Landscape2

Kawah Putih

KP Perhatian1

Papan Pengumuman di Kawah Putih

Kawah Putih Landscape

Kawah Putih

Karena ini long week end, Kawah Putih rame banget! Mau cari spot foto yang ga ada orangnya juga susah. Ternyata banyak juga loh wisatawan dari Malaysia. Katanya sih kawasan dingin ini memang banyak jadi pilihan orang Malaysia semenjak Air Asia buka rute penerbangan ke Bandung.

* * * * *

RU9

Paginya, sebelum pulang rencananya kita akan mampir ke Penangkaran Rusa di Ranca Upas yang masih dekat penginapan. Tapi karena males bolak-balik ke penginapan, pagi-pagi kita sudah check out dan langsung ke TKP berikutnya. Ternyata, kalau jalan kaki mayan jauh juga!🙂 belum lagi masuk kedalemnya.

Indonesia Keren

Tapi tempatnya asik banget, bisa camping pula. Tiket Masuknya Rp 10.000/orang. Udaranya masih asri, ada juga tempat outbond-nya. Kita menuju tempat penangkaran rusa, sebelum masuk beli wortel dulu buat ngasih makan rusa-nya. Rusa-nya banyaaak! Tapi ada yang kita sodorin wortel cuek aja, akhirnya kita lempar aja. Kalau Rusa-nya ada yang berani, kita deketin buat di kasih makan. Meskipun sambil takut-takut. Hihii…

Rusa

Puas ngasih makan rusa dan tentu saja foto-foto, kita langsung nyari angkutan menuju Situ Patenggang. Sebenernya sudah beberapa kali kesini, tapi tetep aja ya kalau ke ciwidey rute wajibnya adalah; Kawah Putih dan Situ Patenggang. Kalau ada yang kelewat, berasa ada yang gak lengkap. Meskipun gitu-gitu aja ga ada yang berubah. Tiket Masuk ke Situ Patenggang Rp 12.000.
Sebelumnya, kita mampir buat foto-foto di perkebunan Teh Ranca Bali. Iseng banget sih emang ya.. Tapi landscape-nya sangat sayang untuk dilewatkan🙂

Kebun teh2

Perkebunan Teh di Ranca Bali

Patenggang1

Situ Patenggang

PAtenggang4

Puas foto-foto, eh…meskipun gak puas-puas banget sih ya.. Soalnya cuma foto2 dari pinggir jalan aja. Perjalanan kita lanjutkan ke Situ Patenggang, Tadinya sih mau naik perahu, pengen nyebrang ke Pulau Cinta. Penasaran… Tapi karena kita datang tidak berombongan, jadi perahu-nya nunggu penuh baru berangkat. Karena kelamaan nunggu penumpang yang tak kunjung penuh, akhirnya kita ga jadi naik. Langsung memutuskan buat balik ke terminal Ciwidey yang ternyata tidak sesulit kemarin, mungkin karena pagi banyak orang beraktifitas kali ya… Dari terminal Ciwidey, kita naik Elf langsung menuju Leuwipanjang untuk naik Bus.