Air Asia : Now Everyone Can Fly

Posted: August 28, 2014 in Uncategorized

Now Everyone Can Fly

“Kamu banyak duit ya…sering banget jalan-jalan, ke luar negeri pula”

Sering banget komentar itu keluar dari orang-orang disekitar. Entah itu ketika sharing foto liburan, atau ketika langsung bertemu dengan saya.

“Baru balik darimana lagi? Kok kulitnya tambah eksotis”.

Menanggapi itu semua, saya hanya tersenyum. Capek kadang jelasinnya, karena liburan itu tidak selalu budget mahal. Salah satunya bisa dengan cari promo dari maskapai penerbangan murah, dan liburan ke tempat-tempat wisata secara mandiri atau bahasa kerennya menjadi backpacker.

Waktu kecil, mimpi bisa jalan-jalan ke luar negeri saja tidak pernah . Jangankan ke luar negeri deh.. Jalan-jalan ke luar dari kota kelahiran saja rasanya susah. Harap maklum ya…saya lahir dari seorang ayah PNS dengan penghasilan pas-pasan, apalagi keluarga kami keluarga besar, saya anak kelima dari tujuh bersaudara. Jangankan untuk liburan, untuk hidup sehari-hari dan biaya sekolah, waktu itu ibu juga ikut membantu keuangan keluarga dengan berjualan kelontong di rumah dan bikin kue.

Kalau ada study tour di sekolah, saya juga memaklumi dan hanya bisa pasrah ketika tidak bisa ikut kegiatan tersebut. Untungnya sih bukan kewajiban ya… kasihan sekali orangtua saya kalau waktu itu study tour dijadikan kurikulum resmi sekolah.

Apalagi waktu duduk di bangku Sekolah Dasar, sehabis liburan selalu saja diminta menulis karangan “pengalaman liburan”. Untungnya, pengalaman masa kecil saya menyenangkan. Tinggal di sebuah kota kecil, waktu itu masih banyak sekali permainan tradisional yang bisa kami lakukan bersama teman-teman di kampung halaman. Ternyata tidak perlu sebuah cerita yang “wah” untuk menceritakan pengalaman liburan menjadi menyenangkan. Hal-hal sederhana yang dilakukan dengan teman-teman yang menyenangkan, sangat lebih dari cukup membuat liburan menjadi sangat berkesan.

Meski begitu, waktu kecil saya juga pernah liburan. Di tempat kerja bapak, suka diadakan tour bareng kantornya. Tahu anak-anaknya butuh liburan juga, kami anaknya satu persatu bergantian diajak untuk ikut wisata bareng di kantor bapak. Terkadang atas kebaikan saudara, kami juga suka diajak ikut wisata bareng di tempat kerja mereka. Om dan Tante saya ada yang kerja jadi buruh pabrik, kebetulan waktu itu mereka belum berkeluarga, biasanya setahun sekali suka ada tour. Rejeki bagi kami bisa diajak wisata bareng mereka.

Menginjak dewasa dan beruntung mendapat pekerjaan, bareng teman-teman kantor yang mempunyai hobby yang sama yaitu traveling, kami sering merencanakan perjalanan bersama. Dari berbagai macam transportasi, naik bus, naik truk, bahkan naik kereta ekonomi dari Jakarta sampai Surabaya pun pernah kami jalanin. Seperti dikatakan sebelumnya: Hal-hal sederhana yang dilakukan dengan teman-teman yang menyenangkan, sangat lebih dari cukup membuat liburan menjadi sangat berkesan.

Air Asia LCCT2

(Foto: Pemandangan dari ruang tunggu di KLIA2)

Itu sebelum saya mengenal Air Asia. Sampailah ketika Air Asia mulai masuk ke Indonesia, dengan promo penerbangan yang terkadang diluar nalar. “Kok bisa ya mereka kasih kursi GRATIS?” Benar-benar Rp 0, diluar airport tax dan fuel surcharge. Meski tidak benar-benar Rp 0, tapi harga-harga yang pernah saya dapatkan dari promo Air Asia sungguh sangat luar biasa!. Diantaranya, saya pernah mendapatkan kursi gratis untuk penerbangan ke Kuala Lumpur, Singapura, dan Thailand. Bahkan untuk penerbangan-penerbangan Asia jarak jauh seperti Korea, Jepang, Hongkong dan Macau, hanya berkisar di angka 2juta-an saja untung rute Pulang-Pergi!

Keliling Asia dengan AA

( Foto : Perjalanan saya keliling Asia dengan promo Air Asia ) 

Mengenai tiket promo, saya sudah beritahu juga kepada teman-teman, terutama yang menganggap liburan itu “mahal”. Mereka hanya bisa berkomentar sambil melebarkan matanya sambil berkata “Serius dapet harga segitu murahnya?”. Ya seriuslah…dengan catatan, sedikit mau berusaha dan tentu saja berdoa. Karena mengejar promo ini juga ada “seni”-nya, harap maklum saja kalau selama ini Air Asia selalu mengeluarkan promo-nya mulai mendekati tengah malam. Walhasil, jadwal tidurpun harus ikut terpangkas. Apalagi kalau merencanakan liburan bareng teman-teman, lebih butuh waktu cukup lama untuk booking tiket perjalanan liburan kami untuk menyesuaikan jadwal masing-masing. Namun selama ini, saya lebih sering bepergian ke Luar Negeri bersama adik kandung saya yang juga punya hobby yang sama yaitu travelling. Berbagi tugas menjadi lebih mudah bagi kita untuk mempersiapkan travelling, siapa yang booking tiket, siapa yang mencari hostel/guesthous. Untuk itinerary biasanya kita terkadang punya keinginan masing-masing dan biasanya saling mencocokkan dengan menggabungkan usulan masing-masing

AA Medan dan Bali

( Foto : Perjalanan saya ke Medan dan Bali dengan promo Air Asia )

Tapi pengorbanan itu sangat sebanding dengan destinasi wisata yang akhirnya bisa saya kunjungi, yang selama ini untuk bermimpi menuju ke tempat itu saja sudah takut. Pergi ke tempat yang waktu kecil pemandangannya hanya bisa saya pandangi dari kalender-kalender yang didapat dari langganan tempat ibuku belanja untuk memenuhi persedian toko kelontongnya.

JKT SIN

Dengan Air Asia, kini saya tidak takut lagi untuk bermimpi. Lebih giat menabung, banyak membaca mencari tahu lokasi wisata yang akan kita tuju, dan ikut forum-forum yang fokus membahas tentang traveling membuat saya lebih bisa mengatur bagaimana bisa melakukan perjalanan secara mandiri.

Ketika mimpi-mimpi saya satu per satu mulai terwujud: Bali, Medan, Kuala Lumpur, Singapura, Thailand, Jepang, Korea, Hongkong, dan Macau. Saya tidak akan berhenti sampai disini. Masih banyak rute yang belum saya jalani, dan masih berharap Air Asia mengembangkan sayapnya ke negara-negara lainnya di benua Eropa bahkan sampai ke Amerika.

Terimakasih Air Asia… Terimakasih untuk membuat saya bisa bermimpi. Terimakasih untuk membuat hidup saya lebih berwarna. Terimakasih untuk telah mengubah kehidupan saya dari si katak dalam tempurung menjadi burung yang bisa terbang bebas kemanapun saya ingin pergi. Pelajaran terbaik tidak hanya didapat dari bangku sekolah, tapi bisa didapat juga di jalanan. Semakin banyak perjalanan yang kita lakukan menemui dunia luar, semakin banyak ilmu yang kita dapat.

Terimakasih Mr.Tony Fernandes. Berkat Anda, kini semua orang bisa mewujudkan mimpinya untuk pergi kemana saja, seperti halnya yang telah dikatakan di iklan Air Asia : Now Everyone Can Fly.

“Believe the Unbelievable. Dream the impossible and don’t take No for an answer”
(Tony Fernandes)

Pesawat Air Asia

(Foto : Ditemani sunrise indah ketika terbang bersama Air Asia-X)

(Tulisan ini dipersembahkan untuk Ayah yang tidak sempat saya ajak untuk traveling. Terimakasih untuk kerja keras, kesederhanaan dan kesahajaan yang telah diajarkan kepada kami anak-anaknya. Love U Pak…We Miss U).

Leave a Reply

