Trip Ke Pulau Untung Jawa Bersama Sobat PADI

Posted: March 27, 2013 in Travel

5a

Trip Ke Pulau Untung Jawa Bersama Sobat PADI

Band Padi memang sedang vakum. Tapi…kami para Sobatpadi masih sering kumpul dan ngadain kegiatan loh! Seperti halnya yang kami lakukan di awal bulan September 2012 lalu (Perjalanan lama yang baru sempet di post!). Ceritanya sih dalam rangka Hala Bi Halal usai Lebaran, tapi sebetulnya ini sebagai pembuktian juga bahwa yang namanya “Sobat Padi Piknik Club” (FYI, buat yang belum tau, SPC adalah perkumpulan Sobat Padi regional Jakarta dsk) ya harusnya kegiatannya PIKNIK🙂 Memang telah beberapa kali kami mengadakan acara, tapi biasanya itu dibarengin dengan kegiatan sosial atau kegiatan “semi resmi” lainnya. Nah..ini saatnya kami murni huru-hara #eh……

MEETING POINT

Saat hari-H keberangkatan, ditentukan meeting point di Monas. Rencananya kami akan mengadakan touring dengan memakai motor, Sobat Padi yang cowok saja yang akan mengendarai motor, sementara Sobit-nya dibonceng🙂 Setelah semua kumpul, diiringi dengan ucapan doa dan basmallah kami pun beriringan naik motor menuju Tanjung Pasir, salah satu dermaga tempat penyebrangan menuju Pulau Untung Jawa. Trus Tanjung Pasir itu ada di wilayah mana? Kalau lihat Peta sih masuknya ke daerah Tangerang. Coba aja searching🙂

Dari Monas ke Tanjung Pasir memerlukan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Sampai tujuan sekitar tengah hari. Karena ada Sobat yang sudah kesana, kami sudah booking perahu dan penginapan yang akan membawa kita menuju Pulau untung. Tapi ternyata satu perahu isinya bukan cuma kami, tapi harus menunggu muatan penuh dulu. Wah…kalau pengunjung tidak begitu ramai, bisa lama dong ya kita harus nunggu😦

Sekilas Info, hasil dari browsing-nya mbah   Google, jika naik kendaraan umum dari Jakarta bisabisa ditempuh dengan cara sbb:

–            Naik angkutan menuju terminal Kalideres

–            Lanjut naik angkutan menuju Kota Bumi, turun   di Pintu Air

–            dari Pintu air menuju Kampung Melayu (FYI, ini   bukan terminal Kampung Melayu yang di Jakarta Pusat deket Jatinegara itu loh   ya! Bukan.

–            dari Kampung melayu ke Tanjung Pasir

Setelah muatan penuh, perahu pun segera melaju menuju Pulau Untung Jawa. Sebetulnya, daerah Tanjung Pasir merupakan tempat wisata juga. Disana banyak warung-warung tempat lesehan yang menjual makanan dan minuman (es kelapa degan beserta makan besar-nya) sambil bisa santai-santai menikmati semilir angin pantai. Tapi kalau saya lihat, pemandangan disitu agak kurang menarik dan air lautnya kotor ya… mending kalau ada waktu sih nyebrang saja ke Pula Untung. Perjalanan tidak begitu lama kok, sekitar setengah jam.

3

Sampai di Pulau Untung, cuaca sangat mendukung, cerah ceria (baca: Panas! Hihi…). Terlihat dr kejauhan antainya lumayan bagus, dan ternyata disana sudah ramai pengunjung berlibur, dan ada ada permainan-nya juga loh! Banana boat, Donat Boat, Snorkeling juga ada. Waaah….seru juga nih. Awalnya saya kira Pulau Untung ini hanya sekedar pantai biasa. Kalau mau nyebrang juga bisa ke Pulau Rambut.

Sampai disana, kami rehat sejenak untuk Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan) sekalian menunggu matahari agak bersahabat untuk kulit, biar ga’ gosong kepanasan🙂 Berani keluar lagi setelah sholat Ashar, kami keluar mencari angin pantai dan berjalan menyusuri Untung Jawa sekalian menunggu sunset. Jika cuaca bertahan seperti ini, pasti sunset-nya akan sempurna. Semoga….

Waktu itu kebetulan ada kapal TNI-AL sedang merapat di dermaga, akhirnya kami ikutan foto narsis deh disitu. Dan tiba-tiba terbersit ide gila dari teman-teman kami untuk uji nyali naik Banana Boat. Saya yang tidak begitu jago berenang, memang dari dulu penasaran ingin mencoba tapi agak-agak ngeri.. Masalahnya karena takut nyemplung di laut dalem🙂 Meski sudah pakai pelampung,  takut juga. Karena nantinya kita akan dijungkir balikkan dari si Banana Boat dan terlempar ke laut! Tapi karena Sobat yang cowo’ mau menjadi “penjamin” untuk membantu pas diceburin ke laut, akhirnya saya bersedia *dengan perasaan masih was-was ya pastinya.  Waktu itu yang berminat naik hanya ber-5. Cowok 3, cewek 2 (termasuk saya). Sebelum pergi kita nego dulu sama si tukang banan boat-nya, untuk 4x lempar ke laut (So’ nge-jago) Kalo ga salah, per-orang bayar 25 rebu. Deal! Akhirnya kami berangkat.

b

Dan ternyata….rasanya memang SESUATU banget! Waktu Banana boat-nya ditarik speed boat keliling-keliling sih masih excited, tapi paling ga suka pas moment puter balik dan tercebur ke lautnya itu! Parnooooooooo….. Apalagi pas naik lagi ke atas Banana Boat-nya dari Laut. Hadeuuuuh…penuh pengorbanan. Untungnya saya imut, kalau badannya gede susah aja gitu narik keatasnya😦 dan…dari nego 4x dilempar ke laut, saya Cuma berani 2x lempar langsung nyerah angkat tangan dan minta naik kapal aja. Teman-teman yang lain juga akhirnya cuma 3x lempar. Pada kapok! Hihi….. Tapi gapapa lah, SERU. Pengalaman uji nyali, kalau ga dicoba, sampai sekarang juga masih penasaran kaliii…………

Sunset Untung Jawa

Dengan baju yang berbasah-basah ria, kami tak langsung pulang. Bertahan sejenak untuk menikmati Sunset. Brrrrrrrrrrrrr…… dingin banget! Tapi terbayar dengan Sunset yang sangat indah di sore itu. Subhanallah…sungguh Maha Sempurna Ciptaan-Nya!  Untuk menikmati lebih puas, kami naik ke atas Tower, yang tidak begitu tinggi tapi sedikit bikin lutut lemas untuk saya yang phobia ketinggian. Tapi tidak mengapa, sebagai penikmat sunset dan sunrise apapun bakal saya lakukan untuk melihatnya🙂

Saat matahari sudah terbenam dan akan digantikan dengan sinar bulan, kami pun pulang ke penginapan untuk bersih-bersih dan sholat Maghrib. Persiapan makan malam, Berbeque-an. Oh ya, ngomong-ngomong soal penginapan, kalopun tidak booking duluan, di Untung Jawa itu banyak kok penginapan bertebaran. Langsung aja datang bisa. Harganya pun beragam, waktu itu kami dapat 2 penginapan berdampingan. Satu buat cowo’, satu buat cewe’. Harganya sekitar 200ribu per kamar. 1 kamar tidur tertutup + Kipas angin, Ruang tamu (ada kasurnya juga) + Tv, ber-AC. Kamar Mandi. Waktu itu untuk masak-masak disediakan kompor gas, sama tempat Berbeque-an nya. Kalau lagi musim liburan, katanya sih bisa lebih mahal.

Sebetulnya bisa pesan Sea Food sudah jadi, tinggal makan, tapi kami ingin merasakan Berbeque-an bareng, menikmati kebersamaan ceritanya🙂  Ikan-nya + bumbu sudah disediakan+ sambal, kami tinggal bakar. Bakar-bakaran sama makannya lama bakarnya🙂  Tapi seruuuuu! Habis kenyang makan, kami pergi ke pantai lagi untuk menikmati angin pantai di malam hari sekalian ngobrol-ngobrol *baca: ber-gosip ria🙂

***

Pagi di Untung Jawa

Besoknya, rencana kami adalah Snorkeling. Satu orang kena biaya Rp 35rb, dapet pinjaman alat snorkeling dan sepatu. Sayangnya sewa-nya cuma sebentar, sekitar 1-2 jam. Alasan si Abang yang nyewain sih karena lagi ramai banyak penyewa.

Sobatpadi Untung Jawa

Ombaknya agak gede kalau ke tengah, saya hanya sampai di ketinggian air 1 meter saja, karena takut tenggelam🙂 kalau agak ke tengah ikan dan biota lautnya banyak. Kalau masih di pinggir agak kurang beragam, dan air-nya juga sedikit keruh. Yang penting bisa snorkeling deh🙂 habis itu, kita balik lagi ke penginapan untuk bersih-bersih, Lunch, dan persiapan kembali ke Jakarta (eh, ini kan masih Jakarta juga ya! Hehee.. ).

Lunch-nya sudah disiapkan, kita tinggal makan. Ga perlu repot lagi masak-masak🙂 Persiapan energi buat kembali ke Jakarta. Maklum lah kita akan melakukan perjalanan panjang untuk bermotor ria. Ternyata di hari Minggu pengunjung sangat membludak, antri naik perahu-nya pun lamaaaaa! Perahu saat kita pergi dan pulang sama. Nunggunya ber jam-jam, perjalanan nyebrang-nya sebentar😦 Sampai pantai sudah menjelang sore. Bisa ditebak, perjalanan ke Jakarta pun sudah malam. Tapi biarpun capek, semua terbayar dengan pengalaman menyenangkan dan seruuu!

Terimakasih Sobat Padi. Semoga kebersamaan ini tetap terjaga ya….

Sobatpadi goes to Untung Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s