Wisata Bali: Pantai Lovina

Posted: April 1, 2012 in Travel

ImageWisata Pantai Lovina di Bali (mungkin) masih belum banyak yang mengenalnya. Letaknya memang agak jauh kalaukita datang dari arah Bandar Udara Ngurah Rai ,  melakukan perjalanan darat sekitar 3 jam lamanya dari situ. Tepatnya terletak di pesisir utara Bali, sekitar 10 km arah Barat dari Kota Singaraja,Bali.

Beberapa waktu lalu, sekitar bulan Februari 2012, saya dan beberapa Sahabat menyempatkan diri berkunjung ke Lovina. Dengan harapan, bisa melihat Lumba-lumba yang katanya bisa dilihat bebas berkeliaran di peraian tersebut. Sebenarnya salah satu tujuan saya kesini adalah menghilangkan rasa kepenasaran. Ya..penasaran🙂 Beberapa waktu lalu, saya pernah ke Teluk Kiluan di Lampung dengan misi sama, untuk melihat Lumba-lumba di perairan lepas. Namun sudah jauh-jauh kesana, tapi Lumba-lumbanya saat itu tidak muncul. Mungkin orang dengan mudah akan mengatakan “Buat apa susah-susah nyari lumba-lumba ke laut? Di Ancol juga ada”. Jelas beda banget sensasinya! Kalau di Ancol, kita yang liat lumba-lumba. Kalau di laut lepas? Lumba-lumba yang liatin kita. Hahaaa….

Karena kita menginap di sekitar Kuta, untuk menuju ke Pantai Lovina kita berangkat dari pukul 3 pagi! Bayangkan… di saat mata sedang ngantuk-ngantuknya. Namun tidak apa sih, Cuma numpang pindah tidur aja. Kan ada supir yang nyetir🙂 Waktu itu, selama di Bali kita sewa mobil. Ternyata Kuta-Lovina memang jauh banget! Mana hujan, jalan yang dilewati juga naik turun meliuk-liuk. Kalau bukan ahlinya yang nyupir dan bukan asli Bali, mungkin agak susah ya…

Sekitar pukul 6 pagi, masih gelap,  kita sudah sampai di TKP. Lokasi penyewaan kapal untuk menuju ke tengah laut. Kapalnya hanya kapal nelayan biasa yang dijalankan dengan mesin. Bunyinya pun berisik, agak mikir juga sih.. apa Lumba-lumbanya ga bakalan kabur ya denger suara berisiknya🙂 satu perahu isinya 3 orang, plus nelayan yang mengoperasikan. Total 4 orang. Kita pun diberi pelampung (seadanya) demi keselamatan.

And…the journey is begin!

Lamaaaaa kita muter-muter sampai ke tengah laut, sayang banget agak sedikt mendung, jadi sunirse-nya juga tidak begitu terlihat. Selain rombongan kita (dibagi 2 perahu, karena ada sekitar 6 orang), banyak juga perahu lainnya yang satu tujuan dengan kita: melihat lumba-lumba. Selain turis lokal, banyak juga turis mancanegara. Suatu ketika si Bapak nelayan yang bawa perahu kita bilang gini “kemarin lumba-lumbanya ga kelihatan”. Deg! Jangan sampai kejadian di Teluk Kiluan terulang lagi. Banyak-banyak berdoa sama Allah SWT “Ya Tuhan, semoga kali ini saya bisa melihat lumba-lumba”🙂

Dan…Alhamdulillah doa saya terkabul. Tuhan kasihan dengan saya yang ngidam banget pengen lihat lumba-lumba🙂 Tak lama, ada rombongan yang menemukan lumba-lumba di ujung sana, sang “Nahkoda” perahu pun langsung memutar arah menuju TKP lumba-lumba ditemukan, perahu yang lain menyusul. Dan, suasana pun berubah seperti lomba adu cepat perahu menuju garis finish🙂 dan betul! Ternyata saya dan sahabat saya menemukan lumba-lumba berenang di lautan. Awalnya jumlahnya hanya 1, itupun lompat-lompatnya tidak begitu sering. Ada lagi yang menemukan lumba-lumba lain, kita balik arah lagi memutar. Begitulah seterusnya…seterusnya..seterusnya…sampai kita puas melihat lumba-lumba bermain, dan tinggal si lumba-lumbanya yang kebingungan dikejar-kejar banyak pasang manusia dalam perahu. Maaf ya lumba-lumbaaaaa…kami mengganggu waktu bermain kalian.

Seiring dengan matahari ikut naik ke atas, kitapun beranjak menepi ke pinggir laut. Menyelesaikan misi kita. Terimakasih Tuhan, telah mengabulkan doa saya, mengobati kepenasaran. Sebuah doa yang simple buat sebagian orang, namun tidak buat saya🙂 *bersenandung riang