Tips: Nge-Trip Ala Backpacker bareng Event organizer

Posted: January 9, 2012 in Travel

Beberapa waktu belakangan ini, dengan semakin berjayanya traveling ala backpacker, termasuk ke tempat-tempat yang sulit dijangkau, banyak berjamuran Event Organizer (EO) wisata murah ala backpacker yang menawarkan trip ke lokasi tertentu secara bersama-bersama dengan tujuan meminimalkan budget dan mempermudah perjalanan terutama bagi para backpacker pemula yang tidak biasa melakukan perjalanan sendiri. Namun hati-hati, kita harus pandai-pandai memilih sehingga uang yang kita keluarkan tidak lebih hemat dan  justru akan membuat liburan yang seharusnya menyenangkan menjadi mimpi buruk bagi kita.

Dibawah ini beberapa hal yang biasa terjadi,  yang pernah saya alami ketika mengikuti trip ala backpacker secara bersama-sama, dan mungkin pernah/akan dialami juga oleh Anda :

–          Penginapan : Bagi yang pertama kali mengikuti trip ala backpacker ini, jangan membayangkan trip ini kaya fasilitas. Namun jika mereka bisa mengatur dengan baik, fasilitas minim pun terasa menyenangkan. Misalkan, penginapan yang kita tempati biasanya satu kamar hotel hanya bisa di isi 2-3 orang (plus extra bed) disini satu kamar bisa lebih dari itu. Terkadang tidur juga bukan di kamar, penginapan hanya seperti barak. Untuk itu, siap-siap bawa sleeping bag untuk jaga-jaga ketika kita tidak kebagian tempat untuk tidur hingga bisa tidur dimana saja. Untuk fasilitas toilet pun seperti itu, jika satu penginapan ditempati banyak orang, kita harus sabar mengantri ketika mau mandi atau melakukan aktifitas lainnya.

–          Transportasi : Teliti terlebih dahulu ketika kita akan memilih EO perjalanan. Kita lebih nyaman dengan transportasi ber-AC atau tanpa AC. Berapa sopir yang tersedia, jika melakkukan perjalanan jauh dengan melakkukan perjalanan darat, dengan hanya 1 sopir tentunya sangat riskan.

–          Makanan : Menu sederhana akan menyulitkan bagi mereka yang suka makan pilih-pilih menu. Siap-siap membawa makanan cadangan sendiri jika memang lokasi yang akan didatangin minim tempat jualan.

–          Itenary : Sebelum perjalanan, biasanya mereka sudah menyusun jadwal acara selama di tempat  tujuan. Hati-hati dengan tulisan : Acara akan berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika memang kondisi darurat dan tidak memungkinkan, kita masih bisa menerima. Bahkan kalau pihak EO-nya kreatif, mereka biasanya mengganti dengan jadwal lain yang menarik tanpa kita harus mengeluarkan budget tambahan. Namun terkadang ada juga pihak EO yang menghapus jadwal seenaknya tanpa ada jadwal pengganti.

–          Asuransi Perjalanan : Untuk perjalanan ke lokasi yang dirasakan berat dan beresiko, pilihlah EO yang ada asuransi perjalannya. Sedikit lebih mahal, namun kita akan merasa nyaman ketika di perjalanan.  Biasanya kita akan dimintai KTP sebagai syarat pengurusan asuransi-nya.

–          Hati-hati dengan EO yang hanya perantara dan mereka menyerahkan trip ke orang lain untuk pelaksanaanya. Mereka hanya pencari orang, dan mengambil komisi dari jumlah peserta  yang terkumpul. Ketika pelaksanaan dan terjadi kekurangan disana-sini, mereka ada yang angkat tangan dan tidak bertanggung jawab. Paling hanya kata “maaf” sebagai solusinya.

–          Hati-hati dengan barang bawaan Anda, jaga baik-baik barang yang memang berharga (dompet, kamera, gadget,dll)  Jangan berlebihan membawa barang. Bukannya kita berprasangka buruk dengan teman seperjalanan yang baru bertemu atau masyarakat di lokasi baru yang kita tuju. Namun kita tetap harus waspada.

Mudah-mudahan bisa membantu bagi mereka yang ingin ikut trip ala backpacker bareng-bareng. Kita harus pandai memilih mana yang terbaik . Alangkah lebih baik ketika akan memutuskan traveling dengan EO, kita browsing terlebih dahulu atau menanyakan teman yang sudah ikut trip sebelumnya. Apakah EO ini cukup bertanggungjawab dan kita tidak akan merugi. Liburan akan menyenangkan, dan tidak akan menjadi mimpi buruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s