Wisata Ujung Kulon

Posted: October 26, 2011 in Travel

Banyak yang bertanya ketika saya memutuskan ikut dalam trip Picnicholic ke Ujung Kulon pada tanggal 23-25 September lalu : “Ujung Kulon” dimana sih ?🙂 Secara singkat padat dan jelas, Ujung Kulon adalah daerah paling barat (ujung) Pulau Jawa. Di Ujung Kulon ini ada Taman Nasional-nya. Menurut data yang didapat dari mbah Google,  Taman Nasional Ujung Kulon bersama Cagar Alam Krakatau merupakan asset nasional, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

23 September 2011

Dari Jakarta, kami berangkat selepas kerja pada hari Jumat malam, sekitar pukul 9 . Naik bus carteran berisi 25 orang, menuju Pulau Sumur memakan waktu sekitar 8 jam. Waktu selama di perjalanan di manfaatkan untuk tidur, karena sampai Ujung Kulon kita hanya akan beristirahat sebentar dan langsung explore ke tempat-tempat menarik di sana.

24 September 2011

Sampai sana sudah menjelang Shubuh, nunggu Shubuh bentar, lanjut tidur sejenak melepas lelah. Sekitar jam 7 kita cabut menuju Pulau Badul untuk Snorkeling.

Ini pengalaman Snorkeling kedua saya setelah dulu melakukannya pertama kali di Pulau Belitung. Itu pun sudah lama banget, dan hanya di pinggiran. Kalau sekarang langsung harus terjun ke tengah laut! Alamak…. ternyata saya belum berani lepas tangan dari tangga kapal! Hahahaaaa…. Ditambah udara dingin, makin mengkeret saja deh!🙂 Yasudahlah, sekedar “syarat” saja nyemplung biar ga’ begitu penasaran. Meskipun banyak yang bilang kalau pakai pelampung tidak akan tenggelam walaupun langsung di cemplungin ke tengah laut, tetep saja saya ketakutan! Berenang sebetulnya bisa (sedikit,hehe…), tapi kalau terlalu dalam dan tidak menapak ke dasar selalu membuat saya panik!🙂

Tidak begitu lama kita disini, langsung dilanjutkan ke Pulau Peucang. Untuk jelajah Pulau dan snorkeling di sekitar Pulau Peucang dan Citerjun. Namun rencana snorkeling akhirnya dibatalkan, karena mendapat kabar ada yang di gigit buaya ketika snorkeling! Haduh…ngeri sekali ya, ternyata masih ada buaya!  *Ya iyalah, namanya juga Taman Nasional *dong..dong…

Finally, kita trekking di Pulau Pecang, menyusuri hutan, sampai ke ujung melihat karang bolong.Di Pulau Peucang ini banyak penginapan yang di sewakan, kita tidak memilih disini karena harganya konon katanya lumayan mahal dan fasilitas terbatas. Sebaliknya, di Pulau Sumur tempat kita menginap fasilitas lumayan lengkap. Listrik 24 jam menyala, dan sinyal handphone masih dapet *ini niiih yang terpenting!🙂

Lumayan jauh juga kita jalan menyusuri hutan. Peucang dalam bahasa Sunda artinya Rusa, disini memang tempatnya Rusa. Tapi ketika kita menyusuri hutan, hanya sesekali bertemu dengan Peucang itu dan ketika melihat kita pun mereka langsung kabur ketakutan. Namun ada yang sempat saya potret. Alhamdulillah yah..sesuatu🙂 Beberapa hewan liar yang saya temukan adalah Babi Hutan dan Biawak kecil.

Setelah capek jalan-jalan keliling hutan, istrirahat makan dan melepas lelah. Karena sudah menjelang sore, kita langsung pulau menuju Pulau Sumur. Pengalaman tak terlupakan ketika pulang adalah kita terombang-ambing di laut selama hampir 2-3 jam dengan cuaca buruk! Bikin parno. Angin kencang,  perahu terombang-ambing bikin jantung copot. Untungnya saya kebagian di dalam, yang diluar lebih parah lagi terkena cipratan ombak dan hembusan angin dingin. Selama perjalanan ga’ lepas ini dalam hati komat-kamit membaca doa “Ya Allah..tolong selamatkan kami”.

Setelah melalui perjalanan pulang yang mengerikan, sampai juga di Pulau Sumur sekitar pukul 6 atau 7 saya lupa. Langit sudah gelap, dan perahu kita tidak bisa berlabuh sampai tepi. Akhirnya kita berjalan di atas air sekitar setinggi lutut sampai ke tepi. Perjalanan yang sangat menakjubkan! Seru, tambah pengalaman. Sampai penginapan langsung antri mandi, dilanjutkan malan malam BBQ-an “Sea Food” Hmmmh…Yummy! Kenyang makan, langsung tepaaaaaaaaar tertidur🙂 karena besoknya kita masih ada trip.

25 September 2011

Rencananya hari ini kita akan trekking ke air terjun. Hunting sun rise pun saya lewatkan, karena kecapea’an sodara-sodara! Males banget keluar,padahal sudah bangun. Tapi anginnya kenceng banget, dingiiiiiin….Akhirnya selimutan lagi deh J Rencana trekking batal, diganti main ke Pulau Oar. Yang mau snorkeling silahkan, yang mau leyeh-leyeh aja juga silahkan. Pulau Oar ini katanya punya-nya Pulau Umang (lokasi wisata yang terkenal itu tuh…), karena mereka tidak punya fasilitas snorkeling di sekitar Pulau Umang makanya yang menginap disitu kalau mau Snorkeling dibawa ke Pulau Oar. Imbasnya, karena dimiliki sama Pulau Umang, jadi kalau ada pihak luar (bukan pengunjung yang menginap di Pulau Umang) berkunjung kesitu akan diminta pungutan. Saya tidak tau berapa bayarnya, karena semua sudah diurus sama Picnicholic. Karena males basah-basahan lagi, akhirnya saya memilih leyeh-leyeh dan berfoto ria di pantai. Pulau Oar ini memang sangat indah.

Setelah puas bermain di Pulau Oar (sementara yang lain berenang), akhirnya kami pulang kembali ke Pulau Sumur untuk makan siang dan persiapan packing pulang. Sengaja agak siang dari sini (sekitar jam 2-an) biar sampai Jakarta tidak terlalu malam. Harap maklum, peserta kebanyakan bekerja. Kalau pulang pagi, alamat sampai kantor terkantuk-kantuk deh! Tapi kalau saya sih sudah biasa, dulu waktu ke Teluk Kiluan Lampung saja sampai Jakarta malah hampir Shubuh. Dan paginya langsung kerja. Hehe…

Sungguh perjalanan yang tak terlupakan, Indonesia memang memiliki banyak pemandangan yang INDAH.  Tapi sekedar tips untuk yang mau ke Ujung Kulon, mending ambil cuti deh. Week end saja rasanya tidak cukup, biar explore lebih banyak tempat lagi dan ga’ cape di jalan, karena perjalanan sangat jauh sekali khususnya dari Jakarta.