UMROH DAY-8 : LAST DAY :'(

Posted: June 30, 2011 in Travel

Kamis, 23 Juni 2011

Hari ini hari terakhir kita di Jeddah. Hiks…

Jam 3 check out dari penginapan, mampir dulu ke Laut Merah, dan setelah itu ke Airport Haji di Jeddah untuk pulang ke Indonesia.

Di Laut Merah kita dikasih waktu 1 jam. Bingung mau ngapain..karena lautnya sama aja kayak di Indonesia🙂 malah banyak yang jauh lebih bagus laut yang ada di Indonesia. Namun laut ini punya sisi yang sangat bersejarah dalam Islam. Ingat kan, kisah Nabi Musa as tentang terbelahnya laut merah dan menenggelamkan Firaun beserta pengikutnya?.

Kita ke laut Merah ke tempat “Mesjid Terapung”, padahal itu cuma heboh-hebohnya nama bikinan orang kita aja sih…Bukan mesjid terapung kok,  jelas-jelas ada tiang pancangnya. Mungkin karena waktu lihat kesana pas air pasang, tiang pancangnya ga keliatan,makanya disangka mesjidnya terapung🙂

Di Laut merah (yang ga keliatan merah warnanya pas kesana) banyak orang Indonesia jualan🙂 Ada yang jual Bakso juga loh… Enak! Tapi yang aneh justru yang jualnya Bapak-bapak Arab gitu. Mungkin si Bapak ini dapet bocoran resep dari orang Indonesia kali ya… Atau malah nikah sm orang Indonesia? Hehee…

Puas berjalan-jalan di pantai berpanas-panas ria, akhirnya kita melanjutkan perjalanan ke airport Jeddah. Pamitan sama Ustadz-Ustadz pembimbing di Check Point menuju Bandara. Semoga kapan-kapan bisa bertemu kembali ya Tadz…Tadz muda Ibrahim ayyub, sama Tadz muda Assad🙂  Terimakasih untuk semua bimbingannya. cuma 2 Ustadz yang ikut ke Indonesia (Ust. Abdurrahman sama anaknya) karena yang ini memang ikut rombongan kita dari pertama berangkat dr Jakarta.

Sampai Airport Haji di Jeddah, selesai urusan Ini-itu, bagasi dan keimigrasian. Kita masih menunggu lama lagi. Karena pesawat yang harusnya berangkat jam 21.00 waktu sana, delay sekitar  2 jam! Akhirnya  kita berangkat sekitar jam 11 malam. Alhamdulillah selama perjalanan ga banyak Turbullance kayak waktu berangkatnya, tapi berasa lamaaaaaaa… banget perjalanan selama di pesawatnya! Sekitar 10 jam penerbangan! Hadeuuh… Jet lag deh ( ¬͡˛ ¬͡”)

Tapi Syukur Alhamdulillah, waktu berangkat ke Jeddah ngalamin melihat Sunset di atas ketinggian. Dan waktu balik ke Jakarta pun, saya sempat melihat sunrise di atas ketinggian! Subhanallah… Cantiiiiik banget. Maha Besar Allah, dengan segala ciptaannya.

EPILOG
Berharap semoga ini bukan perjalanan terakhir saya ke tanah suci. Semoga kalau kesana lagi semua sarana dan prasarana-nya sudah lebih baik lagi (terutama Toiletnya! Semoga lebih bersih lagi di semua tempat). Coba saja ya..kalau pergi ke Arab Saudi semudah Traveling ke negara lain yang pernah saya kunjungi. Bisa tanpa Mahrom, banyak transportasi umum canggih kaya’ MRT di S’pore gitu. Hmmmh… Pasti pada bolak-balik kesana deh🙂 Etapi…jalan sendirian disana kan “ngeri”. Heheee….  Apalagi setelah baca buku-nya “Kedai 1001 Mimpi”nya Vibby, plus dapet cerita dari Orang Indonesia yang sudah lama tinggal disana.
Jangan dikira kota suci itu orang-nya juga suci semua-muanya. Yang sholeh banyak, tapi yang ngga’ juga ada lah🙂 Buktinya? Maling sendal dimana-mana berkeliaran. Beberapa dari kami sudah banyak yang kehilangan sandal ketika pergi ke mesjid untuk beribadah. Emang cuma sendal sih..tapi harap diingat. Sendal disana bisa menjadi barang berharga. Kebayang ga, jalan tanpa sendal di lantai dan jalanan yang panas? Bahkan ada anggota rombongan kami yang nekat berjalan telanjang kaki di jalanan yang panas di siang hari bolong karena sendalnya diambil orang, akhirnya masuk Rumah Sakit karena kakinya melepuh dan berdarah-darah. So,lebih baik sandal-nya dimasukin kantong kresek aja dibawa masuk kedalam/ dimasukin ke tas.

Comments
  1. dida says:

    wahh jadi kepingin umroh abis baca tulisan mbak >__<

  2. jul2julia says:

    @Dida: Semoga segera terkabul ya keinginannya…🙂

  3. Budi says:

    Akhir bulan ini Insya Allah saya & istri berangkat umroh dengan batav*a juga…Terima kasih sharin informasi dan pengalamannya…jadi saya dan istri bisa prepare utk hal2 lain yang perlu dipersiapkan 🙂

    • jul2julia says:

      @Pa Budi: Salam kenal Pa, senang bisa share pengalaman. Semoga bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah Umroh bersama Istri tercinta. Kalau sempat, minta doanya biar saya bisa kembali kesana🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s