UMROH DAY-7 : THAWAF WADA’

Posted: June 30, 2011 in Travel

Rabu, 22 Juni 2011

Hari terakhir di Mekkah, pergi ke Mesjid jauh –jauh sebelum adzan Shubuh berkumandang. Pengen “kangen-kangenan” sama Ka’bah sebelum pulang .  Tadinya pengen nge-take tempat di depan Multazam, di pelataran Ka’bah yang memang khusus disediakan buat area perempuan. FYI aja, kalau pas bukan sholat Fardhu. Semua tempat bebas ditempati oleh perempuan atau laki-laki,campur juga ga apa-apa. Tapi ketika sampai waktu shalat fardhu, yang tidak pada tempatnya di-usirin. Kalau ada perempuan di tempat laki-laki diusir sm Askar, begitu juga sebaliknya. Sambil diteriakin “Haram..Haram..”🙂

Selesai Shubuh, nunggu Dhuha sebentar. Habis itu lanjut Thawaf Wada (Thawaf Perpisahan). Karena sebentar lagi kita akan pergi meninggalkan kota Mekkah. Hiks… Sedih sangat! Banyak-banyak berdoa, semoga suatu saat bisa kembali lagi kesini, untuk Ber-Haji dan Ber-Umroh lagi. Maunya jangan sendiri lagi, tapi sama keluarga juga. Do’a yang sama yg mungkin dipanjatkan oleh mereka-mereka yang datang sendiri (baca: tanpa pasangan) ke Mekkah. Aamiin YRA🙂

***

Sekitar jam 2an, rombongan kami pergi meninggalkan kota Mekkah. Sebelum pergi ke Hotel tempat kita menginap di Madinah Palace kota Jeddah, mampir shopping dulu di Corniche (Ballad). Ebuset deeeh… Hampir semua toko pakai nama “Murah”. Ada “Ali Murah”, “Amir Murah”, “Gani Murah”, dll. Mayoritas, mereka pun bisa berbahasa Indonesia!  Orang Arab manggil kita “Indunisi”, malahan ada yang di pintunya ditulisin “Wilujeng Sumping” (Selamat Datang dalam bahasa Sunda). Gubraks! :-p FYI aja, bangsa kita emang terkenal tukang belanja kali ya… *sigh. Teman saya pernah ditanya sama penjual di Saudi sana “Dari mana? Indone or Malaysia?”. Pas dibilang dari Indonesia, mereka  bilang ” Indonisi bagus, Malaysia bakhil”. Kalau saya beberapa kali ngalamin, ditanya “Indonisi or Malaysia? Sambil ngacungin jempol: Indonesia, jempol ke atas. Malaysia,jempol ke bawah. *Haiyaaah….
Di tempat ini kita cuma dikasih waktu sebentar. Grabak-grubuk deh…waktu di Madinah sama Mekkah saya males belanja banyak karena mau mampir ke Ballad. Bawa tentengan juga males angkut-angkutnya, pindah-pindah hotel. Pas disini? Ternyata waktu belanja sedikit. Hadeuuh….

Baru aja mau masuk mobil, temen ada yang mau beli Shawarma! Itu makanan sudah lama dicari-cari. Waktu di Madinah katanya ada, tapi saya ga tau. Ini gara-gara baca buku “Kedai 1001 Mimpi”nya Valiant Budhi nih…🙂 Kisah “gokil” TKI yang kerja di Arab Saudi. Akhirnya saya sama si Adik dan 2 teman serombongan, dipandu 1 Ustadz diajak ke tempat jual Shawarma. Kaya’ kebab gitu, tapi dalemnya ada potongan kentang lagi. Hadeuuh…kenyang benner! Mana dalemnya cuman saos Tomat. Untung bawa Saos Sambel  dari Indonesia, jadi Yummy deh…🙂

Sehabis belanja,karena sudah sore,kami langsung di-transfer ke penginapan buat istirahat. Hotelnya keren,berasa hotel beneran. Hihi… Emang ada ya Hotel jadi-jadian? :-p Tapi tempatnya agak jauh dr keramaian. Jadi ga bisa jalan kemana-mana. Padahal,kalau ada di negeri lain sih sudah ngacir aja jalan-jalan naik kendaraan Umum. Cuma kalau disini sih ga berani🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s