Wisata Kuliner ke Bandung

Posted: October 24, 2010 in Travel

Sudah lama ga’ main ke Bandung. Sudah lama ga wisata kuliner ke Bandung. Beberapa waktu lalu (9 Oktober 2010) gue sama my little sister, sengaja banget main cuma pengen keliling, gila-gilaan plus wisata kuliner, nyari makanan yang enak-enak. Tau doong…kalo Bandung “surga”nya makanan lezat!😉 Sekalian Nostalgia ke beberapa tempat yang udah biasa dikunjungi.

Pergi pagi dari Jakarta, naik kereta Argo Parahyangan paling pagi yaitu jam 05.45. Naik yang kleas bisnis aja, tarifnya 30rb. Ga perlu AC, toh AG (angin Gelebug) aja udah cukup. Daerah ke Bandung kan udaranya udah adem. Lama perjalanan Jakarta-Bandung kalo naik kereta sekitar 3 jam. Sampe Bandung sekitar jam 9an. Langsung menju tempat wisata kuliner perrtama, yaitu De’ Risoles yang ada di Jl.Citarum.

Entah kenapa, pas lewat Gedung Sate, gue pengen banget turun dan foto-foto disana! Hahaa… *Norak! Gedung sate itu “trademark-nya” Bandung. Ibaratnya Monas, kalo di Jakarta. Pernah dulu foto-foto disana, tapi cuma diluar pager. Pas kita deketin pager buat foto-foto, ada juga disitu satu keluarga yang lagi foto-foto. Tiba-tiba ada penjaga gedung sate yang nawarin buat masuk ke dalem. Ya ngga’ ditolak lah!😉 Dan, kita pun beramai-ramai masuk dan puas-puasin foto disana. Yihaaa…..!

Selesai foto-foto, gue liat ada mobil merchandise PERSIB nongkrong ga jauh dari situ. Gue ajak adik gue mampir kesitu buat liat-liat, foto-foto, plus beli merchandise kaos buat ponakan yang emang VIKING abeeeez! FYI,ponakan gue masih bocah,umurnya baru 6 tahun,masih TK B. Koleksi viking-nya lengkap: Mulai baju yang ga tau ada berapa (Ga’ ngitung soalnya,hehe..), topi, ampe syal.

Beres dari situ, kita langsung menuju tempat Wisata Kuliner (Wiskul) pertama yaitu De’ Risole yang ada di Jl.Citarum. Sudah lama tempat ini dibicarakan, katanya Risole-nya enak. Mampirlah kita kesana. Tempatnya kaya’ rumah gitu. Arsitektur-nya jadul gitu, suka. Kita pilih tempat diluar, taman rumput gitu. Lihat menu makanan, banyak mecaem risoles ternyata. Ada yang Vegetables (katanya buat Vegetables), Meet and Greet (Kaya’ acara jumpa Fans ya! Haha..), Cheese Cheese, kalo ga pengen yang rasanya macem-macem, yang original juga ada. Hmmh..rasanya Yummmmmmmmmmmmmmy!

Kelar ngemil disitu, dan sebagian dibungkus buat oleh-oleh orang rumah, kita lanjut menju tempat Wiskul kedua yaitu Yoghurt Cisangkuy. Tempat minum paling favorit di Bandung. Tempatnya sama, arsitektur jadul gitu dengan banyak tanaman. Kalo ga ujan,enaknya minum diluar. Makanannya ga gitu banyak disini, tapi kalu emang lagi laper bisa pesan makanan dari halaman luar. Banyak yang jualan, kayak sate, serabi, dll.

Ngemil udah, minum juga udah, buat “ngosongin” perut sementara untuk Wiskul selanjutnya. Gue sm adik gue main-main ke Museum Geologi ga jauh dr Cisangkuy. Tinggal nyebrang aja. Isinya? Ada fosil, meteor, replika mahluk purba (dinosaurus, gajah purba, dll), sama banyak pengetahuan tentang gempa, tsunami, sama kekayaan alam yang ada dibawah tanah (Bahasa gue ga’ ilmiah banget yak! Hehe.. maklum deh anak sosial dulunya) macem: minyak bumi, logam (timah,dll), dll. Pokoknya gitu-gitu deh. Ketelatan sih sebenrnya masuk sini, harusnya pas jaman sekolah SD-SMP-SMU gitu masuk sini. Banyak ilmu pengetahuan soalnya. Tapi kalo gue liat-liat sih untuk beberapa belum banyak di update. Tentang kejadian gempa, sm Tsunami. Kejadian terbaru Tsunami Aceh aja belum ada, sama gempa Padang/Jambi.

Selesai keliling dari situ, plus agak mual juga liat fosil manusia purba diliatin banyak tengkorak gitu. Kita lanjutin Wiskul ke tempat ketiga. Katanya mual,tapi masih nyari makanan?! Hehe… Harap maklum, dari pagi blom keisi Nasi. Katanya kalo jadi orang Indonesia, kalo blom nemu nasi ya blom makan! ;-p

Wiskul berikutnya yaitu ke Bebek Garang di jl.Sulanjana. Penasaran banget pengen makan disini, gara-gara liat liputan salah satu acara di Tv. Disitu diliput daripeternakan bebek, cara masak, sampe rrseto-nya. Jadi ngiler deeh! Tempatnya persis disebelah Cafe Persib. Ga jauh dr situ ada bubur Ayam Mang Oyo. Kuliner ini terkenal juga, katanya kalo ditaro di mangkok buburnya ga tumpah kalo pun mangkoknya dibalik. Tp setelah menimbang-nimbang isi perut yang kayaknya ga bakal muat banyak (maklum gue ga punya tembolok!hehe..) akhirnya tetep aja kita ke Bebek Garang. Berbagai macam olahan bebek ada disini, namanya juga aneh-aneh: Bebek Debus, Bebek Kargo Negro, Bebek 70, Bebek grinpis, Bebek Kemon-Tumis saos lemon. Hmmh..pokoknya mah kalo ga inget kapasitas perut mampunya seberapa, bisa dicobain atu-atu tuh! Tapi akhirnya kita Cuma pilih satu macem aja. Gue pilih Bebek Debus, yang katanya bumbunya terilhami dr Banten gitu(tempat asal Debus), sama Adek gue pilih Bebek Kargo Negro yang warnanya cokelat dan rasanya manis.

Habis dari situ pulang? Ngga’ doong… masih ada satu tempat lagi yaitu Ciwalk. Sebenernya disini ga ada yang aneh menurut gue.Tapi ga tau kenapa, kalau ke Bandung trus ga main ke Cihampelas rasanya belum ke Bandung😉 disitu selain Mall banyak distro dan tempat jual oleh-oleh. Sekalin aja nyari oleh-oleh buat dibawa pulang.

Udah gempor banget kaki, sebelumMaghrib menjelang, kitapun pulang lewat terinal Leuwipanjang. Perjalanan yang melelahkan, tapi seru! Puas keliling Bandung, ngangkot, meski agak nyasar-nyasar (Padahal Ade; gue pernah lama di Bandung! Hehe..). Maklum aja,Bandung itu banyaknya satu arah. Kalo kelewatan, ya repot😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s