Jogja Kembali

Posted: October 24, 2010 in Travel

Akhir Juli 2010 lalu, gue dikasih kesempatan buat nginjekin Jogja lagi. Kebetulan ada acara di sekitar Jawa Tengah, sekalian aja ngajakin nyokap jalan-jalan. Biasanya kalau wisata sama keluarga rame-rame, nah kemarin itu sengaja pengen jalan bareng berdua aja sama nyokap. Ternyata, terdapat tehnik berbeda ketika jalan bersama teman-teman yang masih Full energy dengan Orangtua yang sudah sepuh🙂 Selain itu, interest kita terhadap sesuatu hal juga udah beda. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan tehnik tersendiri biar selama liburan beliau enjoy, kita juga enjoy. Harap maklum aja, liburan ini kita ga’ bawa kendaraan sendiri. Tapi naik angkutan umum🙂

Pulang pergi naik kereta (Alhamdulillah) bisa beli yang tiket eksekutif, jangan lupa ingetin Ortu buat bawa jacket. Apalagi kalau jadwal keberangkatannya malam. Dingin banget! Apa gue aja yang Ndeso ga tahan AC ya? Hehe… Jadi, sebelum berangkat gue udah ingetin nyokap buat bawa mantel tahan dinginnya. Selama perjalanan PP Alhamdulillah ga masalah. Tujuan pertama: Solo, lanjut Semarang, tempat terakhir ke Jogja. Selama di Solo-Semarang Cuma keliling aja ke tempat sodara, sekalian jenguk Mbah yang lagi sakit dan acara reuni keluarga sekalian Nadran ke makam Mbah Buyut. Inilah gunanya silaturahmi ya…kita baru tau kalau sodara kita buanyak banget kalo sering ikutan ngumpul gini. Jangan sampe pas kita mau nikah, baru ketauan kalo ternyata itu sodara kita! Hihi…. Sempet diomelin juga waktu tau gue pernah ke Semarang dan ga nginep di rumah sodara. Punya sodara banyak disana, mampir juga ngga’. Masalahnya, kalau belum pernah ketemu (baru tau dr omongan nyokap aja) trus kucluk-kucluk kita dateng ngenalin anaknya ini, rasanya ga enak juga. Mana gue kalau udah main kan jarang bisa diem lama di penginapan, maunya keliling sampe gempor😉 Makanya, kalau lagi travelling sebetulnya ga penting penginapan mahal. Asal aman dan yaman buat istirahat, plus murah buat kantong backpacker. Hehee…

Tujuan terakhir di Jogja, baru deh kita berdua bener-bener bisa menikmati liburan. Tidur di hotel nyaman berbintang di sekitar Malioboro (manfaatin voucher bo!) yang deket kemana-mana. Ngenalin nyokap dengan kota jogja (yang mesti asalnya beliau dari Solo tapi belum tau banyak jogja), dengan makanannya, dan juga tempat shopping-nya🙂 Tapi ya itu dia, jalan sama temen sama jalan sama Ortu ya beda. Baru jalan dikit kasian dianya udah capek. Akhirnya gue suruh aja dia istirahat di hotel, gue jalan-jalan shopping sendiri😀

Gue bawa nyokap gue ke Keraton, soalnya beliau bilang belum pernah kesana. Ke Tamansari, ya gitu-gitu deh. Satu paket yang biasa ditawarin Tukang Becak😉 Btw, ngomong-ngomong soal Tukang becak di Jogja, sebetulnya gue rada ga’ nyaman juga sama mereka. Gue tahu mereka juga cari nafkah, tapi gue ga nyaman dengan “pemaksaan kehendak” mereka. Denger-denger, mereka sih dapet komisi dari tempat yang mereka rekomendasiin itu. Pas awal banget gue ke Jogja sih ya gue ikut mereka, tapi sekarang udah lumayan tau Jogja,sering kesana,dan banyak temen disana (gue juga baru tau kalo ada beberapa sodara gue tinggal disana pas kemarin reuni kelurga,hehe…). Jadi tau mana tempat bener yang rekomen. Makanan mana yang enak dimana, Dagadu yang asli dimana, Bakpia enak no berapa (Psst…di Jogja itu Bakpia bejibun! Dari nomor kecil sampe nomer ratusan!) dll. Yang paling ngeselin waktu gue dari Keraton, mau mampir ke Gudeg Yuk jum. Itu Tk.Becak ngotot banget bawa kita ke warung gudeg lain. Nyokap gue yang akhirnya pasrah gitu mau dibawa kesana, tapi gue ngotot aja pengen ke Yuk Djum. Akhirnya sih dianter juga ke Yuk Djum. Bayangin aja saking larisnya, jam 11 udah tinggal sayap kecil doang lauknya😦

Dari situ kita nyari Bakpia25 (Banyak banget Bakpia di Jogja, yang enak Bakpia 25 sama 75. Tapi gue pernah juga dikenalin sama Bakpia “Kurnia” di sekitar Glagah itu enak juga! Boss gue dulu sering bawain kalo pulang dari rumahnya di jogja. Gue pernah ke tempat jualannya sekali, Cuma karena jauh, dan ga bawa kendaraan sendiri, akhirnya ya yang deket aja disekitaran situ). Dagdau asli, ga usah jauh-jauh di Mall malioboro juga ada. Cuma stock-nya ya agak terbatas. Batik-batik juga kalo males nawar di jalanan malioboro plus sedikit berkualitas (katanya) bisa sekalian nyari banyak barang di Mirota Batik (Sebrang Pasar Beringharjo). Kalo mau nyari di Pasar Beringharjo juga bisa, cuman agak sedikit hot karena ga ada AC-nya😉 pilihan sih banyak, asal bisa nawar aja. Mirota juga gue udah ga gitu nyaman, pengunjungnya banyak, susah kadang pilih barangnya. Numpuk gitu aja. Tapi disitu kemarin gue mau nyari “Cokelat Monggo” yang gue pernah baca artikelnya di Wisata-nya majalah femina. Kalo ke Jogja, jangan lupa beli Cokelat Monggo. Asli pabriknya di Jogja, dari Cokelat asli Indonesia, kualitas ekspor, tapi yang punya sih gue baca di Web-nya orang Belgia. Sayang banget ya..justru bukan asli orang pribumi yang eksplore kekayaannya sendiri😦

Leave a Reply

