Wisata: Curug Cipurut Purwakarta

Posted: September 15, 2010 in Travel

January, 2010

Gw amat sangat bersyukur terlahir di sebuah kota kecil yang bernama Purwakarta. Diapit oleh 2 kota besar, Jakarta dan Bandung memang membuat hidup disini serba nanggung Gede enggak, kecil enggak. Yang gw suka disini banyak sekali maknaan enak dan tempat wisata alamnya. Siapa yang ga’ kenal Waduk Jatiluhur? Hehe..yang terkenal buanget memang cuma itu. Tapi kalo nanya-nya sama para pecinta alam, biasanya mereka banyak nunjuk tempat camping diantaranya Curug Cijalu dan Curug Cipurut (Dalam bahasa Sunda, Curug = Air Terjun). Nah..di tulisan kali ini gw mau bicara soal Curug Cipurut.

Beberapa waktu lalu, tanpa perencanaan yang matang, tiba2 saja gw sm kakak-ipar-dan ponakan gw tercinta main kesini. Dari kecil dan masuk sekolah, sering banget ikutan acara di alam gitu. Tapi ke Curug Cipurut blom pernah. Biasanya orang banyaknya main ke Curug Cijalu (Cipancar) yang agak gedean. Karena ga’ tau medan, belagu banget gw bawa motor sendiri. Padahal baru belajar!

Menuju Curug Cipurut ga terlalu sulit arahnya. Kalo dari arah Jakarta, bisa keluar tol Sadang trus cari angkutan menuju Pasar Rebo, trus lanjut angkot ke Wanayasa. Atau kalu dari arah Bandung, keluar tol Jatiluhur (Ciganea) menuju Pasar Rebo, lanjut angkutan ke Wanayasa. Dari Jalan Cagak Wanayasa (ga’ jauh dari Situ/Danau Wanayasa) nanti ada jalan cagak (Jalan cabang) belok ke kanan yang kea rah Bojong. Kalau naik angkutan umum, Cuma sampai Wanayasa. Nanti dilanjutkan angkutan menuju Bojong tapi turun di gerbang desa menuju arah Desa Sumurugul.

Sumpah! Ga nyangka gw jalannya bakal “ajib” banget! Dalam artian SUSAH DILALUI buat pengendara motor pemula seperti gw! Matic pula Awalnya sih masih enak. Masih mulus, meski ga beraspal. Tapi lama kelamaan kok jadi batu2 besar gitu, plus nanjak. Whoaaaaaaa…ga sanggup deh naik! Akhirnya, ipar gw sm kaka’ gw turun tangan Mereka yg melanjutkan perjalanan naik motor gw, dang w pun dibonceng. Xixi…Aman..Aman…..

Tapi kita ga bisa sampai Curug-nya naik motor. Nanti ada tempat parkir kendaraan (mobil juga bisa, Cuma jalannya Cuma muat 1 arah doang) trus dilanjutkan dengan jalan kaki lewat jalan setapak. Di pinggir kiri-kanan ada pohon2 teh gitu. Suegeeeeeeeer banget deh! Serunya , gw kan kesana sm ponakan yang masih 4 taonan gt. Masih Play Group dan baru pertama kalinya main ke air terjun. Sekali2 dong,jangan mainan di mall mulu! Dia yang masih takjub gitu liat pemandangan yang dia rasa masih ga’ familiar. Liat banyak kupu2, trus lucu banget waktu dia jejeritan liat binatang tiba2 lari didepannya (Gw ga liat, ga’ tau tikus tanah atau apa). Padahal cowok! Hahaa….. Dan waktu tiba2 dia kecape’an gitu dan minta digendong, gw bujuk2 aja. Kalo kuat jalan kaki sampai air terjun ga’ digendong sm Ayah atau Ibu-nya, nanti dikasih hadiah Hebat loh, ternyata dia kuat!

OGEB-nya, gw ga bawa baju ganti. Sandal yang dipake pun sandal gaul! Fiuuh… Makanan aja beli dijalanan dan Cuma dibungkus kantong kresesk Ampuun…ampuuun! Akhirnya gw Cuma main2 air aja sambil nemenin ponakan. Padahal udah gatel banget pengen mandi dibawah air terjun (pake baju lengkap pastinya! Haha…). Disitu emang enaknya dipake buat camping. Banyak anak muda yang bikin tenda disekitar situ. Sayangnya tempat camping-nya ga’ dilokalisasi gitu. Jadi mereka sembarang aja bikin tenda di deket2 air terjun. Mengganggu indahnya pemnadangan. Kalo dimiripin sm pemandangan di ibukota, seperti perumahan kumuh di pinggir rel kereta api kali ya…..

Ga lama main2 disitu, soalnya takut keburu ujan kalo sorean. Mampir bentar ngisi perut-nya si kecil, untung disitu banyak jual makanan. Warung2 kecil gt, sama tukang bakso juga ada.

Pulangnya, karena perut yang dewasa udah pada laper juga. Kita mampir di tempat makanenak yang lumayan banyak bertebaran di sepanjang jalan Wanayas-Pasawahan-Purwakarta. Daerah situ yang terkenal Sate Maranggi-nya. Yang terkenal di Sate Anwar sm Alam Sejuk. Gw biasa pilih di Alam Sejuk. Menu-nya sungguh amat sangat Yummy! Udah pernah nyoba Sate Maranggi? Itu sate tanpa bumbu udah yummy. Manis pedes gimanaaaaaa gitu…. Blom lagi tambah karedok, ikan bakar, sambel lalap! Dijamin nambah deh…Minumnya bisa pilih es kelapa? juice strawberry? Atau masih banyak kok pilihan lainnya. Harganya juga ga mahal2 banget. Jauh lah kalo kita makan sm resto2 di Jakarta yg harganya kadang ga sebanding sm rasanya. Menang di tempat doang

Tergiur mencoba petualangan ke alam bebas plus kuliner makanan enak? Silahkan datang ke Purwakarta, banyak pilihannya mau kemana. Yang suka adventure naik sepeda or offroad naik motor/mobil juga bisa *Promosi neeh critanyaaa…..!*

Comments
  1. umaha says:

    gw bru prtma k ci purut, tpi gileeeeeeeeeee seru bgd cuy jalan nya udah mh nanjak nya jauhhhhhhhhhhhhhh bgd jalan nya ge garejlugan, tpi seru bwat orang pacaran mh hehehhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  2. jul2julia says:

    Heheheee…. Iya, emang disana banyak orang pacaran😉 Alamnya juga masih bagus disini. Kalau bawa kendaraan, jarak dr parkiran ke curug-nya juga ga gt jauh. Cuma ya itu, garejlugan :-p

  3. rezanufa says:

    Wah, cipurut. Saya dua kali ke sana, dan pengen datang lagi. Terutama kangen sama sate maranggi deket alun2.. haha

  4. maman sulaeman says:

    kpan2 mo meluncur aah, kesanaa,makaci ya a.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s