Wisata Belanja di Kota Tua Jakarta

Posted: September 15, 2010 in Travel

September 2008,

Tau daerah Kota di Jakarta? Yup..kawasan itu dikenal dengan kota tua-nya. Selain kenikmatan menelusuri keindahan dan keunikan bangunan-bangunan di kota tua ini, hal yang bisa kita lakukan disitu adalah Wisata Belanja!

Sebetulnya, obsesi gw buat foto-foto di kota tua sini juga blom kesampean. Pernah menjelajah daerah sini juga karena PadI. Dua kali mereka shooting klip disini, pertama di jalanan Kali besar situ buat klip Siapa Gerangan Dirinya (SGD) trus baru-baru ini sekitar bulan Februari lalu meraka bikin Klip Harmony. Karena nyasar-nyasar nyari lokasi itulah, gw akhirnya bisa sedikit tau daerah sini Kota tua itu unik, indah, tapi..sedikit “menyeramkan” juga sih. Hihi…

Yang sering gw sambangin disitu yaitu Pasar Asemka. Pasar ini, terkenal murah-meriah. Jualannya yang paling dikenal diantaranya alat-alat sekolah, mainan-anak, aksesories cewek (Banyak deh, ada bross, jepit/karet rambut, kalung, anting2, dompet, tas, parfum juga ada). Tapi, disini biasanya ga bisa beli satuan. Minimal 3 buah, karena mereka biasanya jual grosiran. Kalo ada cara kantor juga sering nyari kesini, terutama buat hiasan2 ruangan gt, juga Conveti.

Awalnya, gw juga diajak temen kantor kesini. Biasa deh.emak-emak, banyak yang mau dibeli buat anaknya. Lah gw? Masih single fighter, ngapain juga kesana. Awalnya males kalo diajak-ajak, pas sekali kesana? Beuuuu…ketagihan Jadi kalo nyar-nyari kado buat anak kecil, atau beli mainan ponakan, ya kesini aja. Atau beli bross yang cantik-cantik, buat gw yang berkerudung, asoy banget bisa dapetin yang murah-murah

Beberapa waktu lalu gw nyari-nyari amplop angpaw buat lebaran kesitu,tapi ga nemu. Trus diunjukin sama Abang-abangnya buat ke Pasar Pancoran aja (FYI,bukan Pancoran Jaksel yah!). Sekitar 300m jalan kaki dari Pasar Asemka. Pas gw kesana, ternyata itu kayak pecinan gitu. Kebetulan daerah kota situ kan banyak Chinese-nya, banyak dijual serba-serbi yang berbau Chinese juga kue-kuenya. Yang jualan angpaw banyak juga, karena mau masuk lebaran, ada juga amplop angpaw versi lebaran.

Ga jauh dari situ, tinggal nyebrang jalan ktemu Pasar Glodok. Pasar elektronik ini udah terkenal banget, pasti smua juga udah tau. Cuma, gw males belanja disini. Males nawar, dan takut ketipu Cukup sekali aja kesini,KAPOK! Duluuuuuuuuu (bertahun-tahun lalu) pernah diajak sekali sama temen kantor cowok. Yang agak risih, banyak yang jual DVD porno gitu secara terbuka. Sebagai cewek, kan gw malu… liat barang-barang “begitu” berserakan di lapak-lapak tanpa tahu malu. Udah gt, si Abang-abangnya juga malah nawar-nawarin gitu ke temen gw. Padahal jelas-jelas gw lagi sama dia. Huh!

Selain itu, pernah dibilang sama temen juga, kalo ada lagi pasar di Jembatan Lima/Tiga (Lupa,hehe..) yang jual-jual kaya’ rak-rak murah gt. Cuma gw blom sempet meninjau kesana. Kalo mau jalan-jalan aja, cobain naik ojek sepeda deh jarang-jarang kan naik ojek sepeda? Sepedanya jadul-jadul gitu, ala jaman kompeni. Cuman kalo jalanan lagi rame, serem aja keserimpet. Enaknya kalo naik ojek sepeda itu, buat menjangkau daerah2 sempit yang jaraknya ga gt jauh. Gimana, tertarik mencoba wisata belanja kota tua??? Hyuuuk…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s