Wisata BALI….BO!

Posted: September 15, 2010 in Travel

Kalo nyangka ini tulisan tentang film yang “kontroversial itu”, maka segera closed window ini Gw ga bakal cerita tentang film Balibo, tapi mau crita2 pengalaman PERTAMA kali gw ke Bali. Ehm…iya, pertama kali beneran kok *blushing. Iya, gw tau..semua ga bakal percaya kalo ini baru kali pertama gw ke BALI! Tukang jalan, tapi pulau yang amat sangat terkenal ga cm di Indonesia tapi juga di seantero dunia kok ga pernah dikunjungin! Ya emang begitulah keadaannya Kesempatannya selalu tidak tepat. Ini beruntung aja ada temen yang mau main kesana sm temen kantornya, dan gw bisa nebeng hotelnya (Heheee….makasih ya Systa! Buat “Pa Lur” juga…). Apa sih yang bikin gw tertarik ke Bali? Pertama sih yak arena banyak yang bilang Bali itu indah, trus kalo gw sih sebagai “syarat” juga. Masa iya tukang jalan ga pernah ke Bali :-p Maka, salah 1 resolusi di tahun 2010 ini ya diantaranya bisa keliling Indonesia, diantaranya Bali dulu aja ya.

Berangkat naik pesawat Air Asia di malam hari (Kamis, 7 Januari 2009) merupakan pilihan yang agak tidak tepat sebetulnya. Apalagi buat gw yang masih parno buat terbang! *Psssssssst….. Udah gitu pake ada acara cuaca buruk pula! Lengkap sudah penderitaan gw. Mau tidur susah, yang ada terus aja berdoa dan berdzikir. Knapa ya…Cuma diatas pesawat gw inget kematian Tiap ada bunyi tanda sabuk pengaman dinyalakan, gw langsung ga bisa tidur deh. Blom pesawatnya yg gruduk2 mulu, trus kilat nyamber2. Aiiiiiiiiiiiiih..Nightmare banget!

Alhamdulillah selamat juga sampe Denpasar, persis midnight! Horeeeeeee….gw sampe Bali juga Kalo ga malu sih gw bakal jingkrak2 kegirangan kayak yg iklan di Tipi salah pesawat itu, mau ke Jogja malah ke Bali. Sambil joget2 bilang “Bali….Bali…Bali..Bali….” Hahahaa….. Noraaak! Tapi untungnya ga’ segitunya Oh ya, gw sempet kaget juga pas liat tempat kedatangan bandara Ngurah Rai yang ternyata ga seindah bayangan gw. Untuk bali yang banyak dikunjungi wisaawan gitu! Ehm..gimana ya, terlalu sederhana dan terlalu kecil. Gw yang pernah ke Belitung malah merasa bagusan Belitung bandara-nya. Mana pas gw mau ke toile, joroknyaaaa…. Ngurah Rai gitu loh! Kalo ga kebelet sih gw tahan tuh buat pipis.

Untungnya kita ga perlu repot2 akomodasi. Sampe sana udah dijemput sm pihak hotel Summerset yang terletak di Jalan Pantai Kuta. Waktu masuk hotel agak bengong juga sih. Dengan harga “segitu” kalo di Jakarta bisa dapet hotel keren. Tapi di Bali kok dapet yang begini. Hehe… Sebetulnya ga parah2 banget sih. Kalo kata temen yang ada di Bali, termasuk cukup strategis bisa dapetin hotel didaerah pantai dengan harga segitu. Cuma apesnya gw aja sih dapet kamar yg ternyata kulkas-nya lagi diperbaiki sm shower toiletnya ga ada. Jadi kalo mau pup/pepsi, ngambil shower dari bathtub aja. Hehe… Buktinya temen gw yg dikamar sebelah2nya dapet fasilitas lengkap. Trus kita dapetnya lantai 3, jadi agak gempor juga bawa barangnya yang segambreng kalo mau ga repot ya cari kamar di lantai bawah, tapi harganya ya ga segitu. Ah, cuek aja sih gw mah. Yg penting bs dapet tebengan gretong Selama kamar mandinya ga jorok gw betah2in aja. Hehee….

Day-1 (Jumat, 8 Januari 2010)

Hari ini mau ngapain? Sebetulnya blom ada perencanaan yang matang. Masih pikir2 buat sewa mobil atau gimana? Sebetulnya gw punya panduan buku travelling Bali. Tapi ya bingung njuga ya kalo ga tau daerah. Bawa peta, skala-nya juga berapa ga tau. Bingung aja… Akhirnya, kita memutuskan buat jalan2 sekitaran Kuta aja dulu. Ke Pantai Kuta, menyusur jalan tembus ke Legian, sambil cuci mata blanja-blanji. Pantai Kuta lagi bagus banget langitnya, Cuma ya itu..panas! takut item Haha…maklum kita buka bule yg pengen iitem. Sayangnya Kuta lagi kotor. Banyak ikan mati juga karena Abrasi katanya. Bau amis ikan mati juga.Pas gw kesana, lagi ada bersih2 sampah pantai gitu sih. Biar ga terlalu kotor kali ya..

Habis puas jalan2, shopping2, nyasar2 dikit (hehe…) dijalan kita nemu tempat sewaan mobil. Buat disewa besok killing Bali. Dapet harga Sewa 400rb udah plus sopir, sewa selama 10 jam. Habis itu kita bengong, bingung mo ngapain lagi. Masa iya ke Bali Cuma buat numpang tidur doang? Kalo honeymoon lama2an di hotel juga ga apa2 :-p Kalo rame2 gini? Rugi bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeet! Finally, setelah tanya2 temen yhg tinggal di Bali. Kita memutuskan buat killing naik Taksi. Kirain deket dari Kuta ke Dreamland. E busyeeeeeeeeeeeeet…ternyata jaoh! Yaudah deh,akhirnya kita sewa aja tu Taksi. Soalnya susah lagi cari2 taksi-nya. Dari Dreamland, kita lanjut ke Uluwatu, trus ke GWK.

Dreamland gw suka ombaknya,gede banget! Kalo sama Ade’ gw, udah maen air nih di pantai basah2an kaya’ di Belitung dulu. Tapi ga bawa baju ganti. Plus ujaaaaaaaaaaaaaaan! Kenceng banget anginnya. Mo poto2 juga susah. Akhirnya cm bentar trus lanjut ke Uluwatu, sekalian liat Sunset. Keren banget Ulwatu, Subhanallah! Tapi banyak monkey-nya :-p ngeri disamber barang2 gw. Maunya gw pengen liattari Kecak,tapi karena takut kemaleman ya ga jadi. Habis poto2, cabut lagi ke GWK. Sampe GWK udah malam. Gelaaaaaaaaaaaaaaap! Penerangannya minim. Sedikit “horror” juga sih. Soalnya dah sepi gitu. MAna rintik2 ujan. Akhirnya kita juga cm bentar diistu lanjut balik ke Kuta. Mampir makan malam di Nasi Pedes yang bener2 Puedeeeeessssss bikin mulesssssssssssssssss!

Perjalanan berakhir juga untuk hari ini! Dengan Argo yang bikin gigit jari masih untung kita ber-4,jadi masih bisa berbagi. Kena sekitar 300rb-an lewat. Sama aja sm nyewa bo’il tuh. ….

Day-2 (Sabtu, 9 Januari 2010)

Karena udah sewa mobil, perjalanan hari ke-2 ini lebih terencana. Soalnya ada pemandu-nya Pertama ke Taman Ayun. Trus lanjut ke Bedugul. Tadinya kita ga gt ngerti Bedugul itu tempat apa? Trus dikasih tau, tempat yg ada di duit Gobanan Indah banget pemandangannya danau-nya! Seger banget udaranya. Habis kliling2 disitu, makan dan numpang sholat di rumah makan muslim yg ada pas di depan Bedugul (susah banget cari tempat sholat di Bali). Habis itu lanjut ke Alas Kedaton, ktemu monkey lagih! Haha… Tapi disini juga ga lama,ga masuk. Cuma numpang poto2 doang di depan gerbang. Tapi monkey-nya juga udah banyak. Sempet2nya temen gw iseng video-in perbuatan “mesum” monyet! Hahahaaa……

Habis itu kita lanjut shopping ke Joger, yang bikin pusing! Berantakan bangeeeeeeeeeeet. Jadi susah nyari kaosnya. Pilihannya tinggal dikit, dan ukurannya alamaaaaaaaaaak….segede2 gaban! Gw aja dapetnya di tempat anak2 :-p tulisannya luamyan lucu dan Gw banget : “ ANEH,BANYAK ORANG MENUDUH SAYA MALAS. PADAHAL SAYA INI ADALAH ORANG YANG PALING RAJIN TIDUR, JALAN-JALAN, DAN MAIN-MAIN. Hahahaaa…. LOL!

Habis dari Joger, perjalanan shopping lanjut ke Khrisna di Denpasar. Segala macam barang ada. Tapi harus pinter2 milih kualitasnya. Murah sih, tapi ada beberapa yang lebih murah harganya di tempat lain. Tapi kalo yang ga ada banyak waktu luang, nyari oleh2 disini udah dapet semua. Dari makanan, souvenir, sampai pakaian. Udah teller, tadinya mo makan di Jimbaran. Tapi udah ga ada daya dan upaya. Akhirnya makan di sekitaran Kuta aja di PLEKUNG.

Seharian yang melelahkan! Tapi seneng bisa dapet banyak tempat. Liburannya ga sia2. Tapi a itu dia, berlibur di bulan Januari itu ga mendukung cuacanya. Ujaaaaaaaaaaaaaaaaaaan melulu! Mau poto2 kadang juga cuaca ga bersahabat. Bikin suasananya muram. Ga asyik kelabu gitu di-fotonya.

Day-3 (Minggu, 10 Januari 2010)

HAbis2an di hari pertama dan kedua. Rencananya kita mau irit2an di hari ke-3 Dengan sewa motor killing Bali. Meski resikonya NYASAR coz ga ngerti jalan. Hanya mengandalkan papan petunjuk yang ga’ begitu mencolok seperti di Jakarta, bikin bingung juga. Sempet muter2 buat nemuin tempat yang namanya Pantai SANUR. Hehee… Untungnya dipinggir jalan kita ga sengaja nemu tukang bakso enak, Bakso Ayam Solo di sekitar daerah Sesetan. Hmmmmh….Yummy! Di Sanur kita puas2in poto2, meski ditengah panas terik. Cuacanya lagi panas, luamayan bagus biat motret. Selain itu juga SHOPPING! (again????) Disini penjulnya ramah2, ga’ jutek2 kayak di Kuta/Legian. Lebih menghargai turis domestic lah… Gw sebel, kadang penjual yg di Bali itu memandang “sebelah mata” sm turis lokal macem kita2 ini. Giliran turis disambut dengan ramah, padahal blom tentu beli! Males ajah. Giliran kita masuk dicuekin. GA SOPAN! Bukankah pembeli adalah raja? Boro2 dianggap raja, dianggap kaya’ pengemis aja kayaknya…

Habis dari Sanur, kita pulang ke hotel istirahat. Trus habis Maghrib jalan killing lagi. RUGI kalo motornya udah sewa 50rb sehari,tapi ga dipake lama. Rencananya wisata kuliner plus nyari oleh2 makanan. Nemu deh Oleh2 kacang di Rahayu sm makan di Bebek Betutu Bali. Hmmmh…Yummy! Buat kita yang semuanya muslim, pilih2 tempat makan juga prioritas terutama ke-HALAL-annya. Untungnya selama di Bali kita lumayan dapet makan di tempat2 enak.

Habis makan, kita nongkrong bentar nikmatin Pantai Kuta diwaktu malam sambil liatin bintang2. Mupeng juga sih liat orang di tepi pantai banyak yg pasangan2. Hehee…! Apalagi gw? Yang pernah ada “masa lalu” dengan seesorang dari Bali dan pernah merencanakan buat bertemu disini. *Uhuk…Uhuk… Jadi pengen nyanyi2 lagunya PadI “Sakit,menahan sakit hatiii..tak bisa kuterima apa yang kualami. Ibaratnya jantung hati tersayat pedang tajam,betapa sakitnya, kurasakan ituuuuuuuuu….”. Hiks….* Emang dasar kamfretoooooo!

Day-4 (Senin, 11 Januari 2010)

Hari terakhir di Bali, saatnya puas2in main di Laut! Tapi ternyata cuaca masih tidak bersahabat dengan kita Masih ujan deres paginya! Sempurnalah selama di Bali ga pernah liat Sunrise dan Sunset. Ihiks..Ihiks… AKhirnya Cuma main2 aja dipinggir laut. Mau berenang takut sm ombaknya yang besar! Subhanallah…sehabis hujan itu tiba2 banyak pelangi bermunculan. Indahnyaaaaaaaaa……! TApi sayang ga bawa kamera sengaja tuh lari2 balik ke hotel biar bisa motret pelangi. Tapi sayangnya pas balik ke pantai Kuta, pelanginya udah tinggal 1 dan udah gag t jelas. Whuaaaaaaaa……!

Setelah puas main air dan photo session kucel (maklum blom pada mandi! Haha…). Akhirnya kita balik ke hotel dan lanjut berenang di kolam hotel sajah Sebelum check out siang ngejar pesawat Jam 1-an, sempet2nya ngiter dulu nyari cincin perak untung masih sempet, dan ada yg cocok.

Sayangnya pas perjalanan pulang, kembali pesawatnya terjebak cuaca buruk lebih dahsyat malah goyangannya. Temen gw malah nyangka getarannya itu karena udah mau landing, padahal mah masih diatas. Kapok deh pergi liburan naik pesawat di musim ujan. Kalo ga kepaksa2 banget mah mending ntar2an aja liburannya

Selamat tinggal Bali. Kalo ditanya, masih mau balik lagi ga? Hehee….kayaknya mikir 2x deh! Meski indah…tapi gw ga gt nyaman sm suasananya Sesumpek2nya Jakarta masih lumayan menurut gw dibanding Bali. Terutama gw ga’ nyaman sm orang2 jualannya! Hahaa… Jutek2 ;-)Kalopun main lagi kesana, kalo ada yang bayarin GRATIS kali yaaaa :-p Atau kalo ke Bali ga harus kesitu2 lagi. Bali utara blom gw jelajah, sama Bali pelosok/pedesaanya. Gw mau ke Ubud, sama ke Pantai Lovina aja. Ada yg mau nraktir? Eheheee…………

Leave a Reply

