Catatan Perjalanan: Antara Anyer dan Jakarta

Posted: September 15, 2010 in Travel

Awalnya begini….

Gw punya kumpulan temen main anak-anak Sobatpadi, yang sudah akraaaaaaaaab banget! Salah satunya, ada di Cilegon. Nah, temen gw yg atu ini udah jarang kumpul2. Karena sudah berasa seperti sodara, kita pun berasa kehilangan (Jie..jiee…jangan GR lu ya Tin! Hehe..). Kebetulan gw punya voucher member hotel gretongan, sekalian lah merencanakan liburan ke Anyer sambil mampir ke tempat Sobat gw itu. Cilegon – Anyer kan udah mayan deket tuh. Sebetulnya tu’ voucher ga gretongan sih, buat jd member hotelnya gw mesti bayar di awal. Bonus 4 voucher hotel gretong. Tadinya sempet takut juga, waktu temen gw cerita kalo ada temennya dibohongin oleh “oknum travel”,dan voucher hotel gretongan-nya ga bs kepake. Bismillah aja gw coba, booking di Mambruk Hotel Anyer, ternyata bisa Alhamdulillah…

Day-1 (Sabtu, 21 Maret 2009)

Dari Jakarta, kita jalan ber-3 : 3 Di3va (Gw-Systta-Poppa) Karena temen gw (Jeung Poppa) harus masup kantor dulu, kita pergi ke Anyer sore hari. Naik bus dari terminal P.Gadung jurusan Merak. Karena yg paling awal berangkat yg Non.AC, naik lah kita (Soalnya, kalo nunggu bus AC berangkat, bisa lama lagi. Takut kemaleman sampe sana). Berangkat sekitar jam 3.15 PM. Ternyataa…Ya ampyuuun! Tuw bis boyooot banget!!!! Mana ngetem-ngetem. P.Gadung-Perempatan Coca-Cola aja ditempuh sekitar 1 jam! Blom lagi, pas di tol dalam kota (Cawang menuju Kb.Jeruk) muacetnyaaaa ampun-ampunan,maklum Week End Walhasil, sampe Cilegon sekitar jam setengah 8 malem. Tadinya sempet ngeri juga takut ga ada angkutan ke anyer, tapi ternyata masih banyak. Tapi ya sedikit lebih mahal tarif-nya, harusnya 5rb, jadi 7rb. Tp gpp lah..dibanding ga jadi berlibur

Sampai Cilegon, mampir makan malam sambil ktemuan sm Sobat gw itu. Ga gt lama sih, coz harus secepatnya melanjutkan perjalanan. Sepi banget jalanan, udah malem. Beda banget di daerah sm di Jakarta, kalo di Jakarta jam 9 juga masih Ramlan=Ramai Lancar, terkadang malah Ramcet=Ramai Macet. Hehe.. Untung aja angkutannya bikin keramaian sendiri jenis angkutan disini sama ama di Lampung (Secara, deketan gitu kan letaknya,tinggal nyebrang laut). Speakernya guede2, suaranya juga dahsyat2. Berisiiiiik Lagunya? ST12,Radja, D’Massiv, Ehehee……

Sampe Mambruk sekitar jam 9 malam, kayaknya tamu hotel yg ga bawa mobil juga cuman kita doang! Backpacker kere Sampe2, sama pelayan hotelnya aja cuman dianter stengah jalan! Kurang asyeem… Itu pun sempat H2C, karena tanggal yg kita pegang sm data di hotel terjadi perbedaan. Voucher di tangan gw, reserve 21-22 Maret. Tapi di database mereka, gw booking tanggl 4 April! Weleeeh..kok bisa gitu!!! Untungnya aja mereka baik (apa kasihan ya..secara udah malem gitu, ga mungkin kan nolak tamu 3 cewek jagoan! Huhuuu…). dapet hotelnya juga mayan strategis, jendela ngadep ke laut. Cuman sayang..keinginan gw untuk menikmati pemandangan laut malam itu harus sedikt tertunda. GELAP booooow..atuuut! Akhirnya, kita ngerem aja di kamar sambil nonton Tv, dan sedikit bergossip (Hehe…maklum, cewek!) sampai salah satu diantara kita tertidur pulas, yang lain pada nyusul deh.

Menjelang dini hari gitu, sempat agak serem. Anginnya kuenceeeeeeeng banget! Trus jendela kamar juga ternyata agak tidak tertutup maksimal gitu. Alhasil, bunyi jendela berderit-derit, dan hembusan angin kencang menerpa pohon kelapa, membuat suasana sedikit HOROR. Selimut pun tambah dinaikkan ketas. Hiiiiiiiiy….

Day-2 (Minggu, 22 Maret 2009)

Pengennya bangun pagi, liat Sunset, sepertinya indaaaah! Tapi pas buka pintu, Wuuuuuuuuussssh…angin langsung menampar2, dan keliatannya diluar juga masih gelap. Padahal udah sekitar jam stengah 6 pagi gitu. Cuaca emang keliatan sedikit mendung, tapi pas kita keluar kamar sekitar jam 6-an, cuaca udah terang benderang. Ga’ kebagian deh sunrise-nya Akhirnya,kita puas2in aja deh main air sama Photo session Part-I Narsis sih teuteuuuup (Pssssssssst……padahal blom mandi tuh! Hihi…). Segala macem pose dicoba,sampe mati gaya Yang lucu, waktu kita lihat2 hasilnya, kok ada yg mirip Pre-wedding. Hahaaaaa!!!

Habis puas photo2, lanjut sarapan trus berenang deh cuma bentar sih..soalnya dah panas! Takut item Lagian Check Out juga jam 12, kelebihan bs kena tarif tambahan. Padahal, tadinya mau photo session Part-2 tuh di Pantai. Tapi karena waktu mepet, kita photo bentar aja. Mau lanjut Photo2 di Mercusuar Kebetulan letaknya deket banget sm hotel Mambruk. Males jalan kaki? Naik angkot.bayar aja serebu perak! Hehe…

Mercusuar Cikoneng atau lebih dikenal sebagai Mercusuar Anyer adalah mercusuar tertua kedua di Indonesia. Sebenarnya mercusuar lama didirikan pada tahun 1806, reruntuhannya terletak kira-kira 30 meter dari mercusuar Cikoneng, merupakan penanda dari titik 0 jalan Anyer – Panarukan yang dibangun oleh Gubernur Jendral Daendels pada tahun 1808. Mercusuar Cikoneng awalnya bernama mercusuar Willem III, didirikan 77 tahun setelah Daendels pertama kali menginjakkan kakinya di Jawa.(www.wikumu.com)

Ini kali ke-2 gw main ke Mercusuar Anyer. Sebelum photo session kita ngadem dulu. Busyet euuuuy..PANAS banget! Sambil minum Es Degan, Makan Gado2, sambil tiduran di bale2 menikmati Susana pantai. Hmmmmmh….kalo bareng Pacar pasti romantis nih *Ngayal mode on*. Yang kurang nyaman, banyak banget tukang jualan nawarin ikan asin lah, emping lah, udang lah, buah2an banyak lagi. Blom pengemisnya… Tus ada juga yang nawarin bikin tattoo temporary pake Heena gt. Ayat2 Cinta, katanya Akhirnya,kita tertarik tuh bikin itu! Systa bikin tattoo Lumba2 ditangan, gw sm Popa bikin tattoo Bunga di pergelangan kaki (Hihi…Cewe’ banget ya! Mau tattoo rante, takut disangka Preman! Hehe…). Tawar aja sekitar 10-15 rb, tergantung gede kecilnya. Kalo lebih gede, ya mahalan lagi.

Habis leyeh-leyeh, udara mulai sedikit adem. Tadinya ga’ pngen naik tuh ke Mercusuar,tapi penasaran! Katanya,kalau lihat pemandangan dr atas sana INDAH banget. Tapi gw ngeri, kebetulan rada Phobia ketinggian Tapi Bismillah aja deh, dengan tiket 2rebu/orang akhirnya kita memutuskan naik. Tingginya sekitar 75,5 meter, ada 18 tingkat, usianya sekitar 124 Thn (dibangun sekitar Thn 1885). Pijakannya juga ada yg udah keropos, hati2 aja melangkah. Tapi ada papan peringatan kok…ga usah khawatir. Yg kebelet, ke toilet dulu. Repot kalo sampe atas kebelet pipis ato Pup, ga ada Toilet diatas soalnya Jangan lupa bawa air minum, capek booow naik tangganya. Bawaan kita aja segala tas, ransel yg isinya baju kotor kita titip dibawah. Hosh..hosh..hosh….! Sampe atas? Subhanallah…..keren banget! Sayang gw ga berani tengok2 lama kebawah. Gemeteraaaan niy lutut! Kiri pemandangan laut, kanan pemandangan bukit. Sumpah keren banget deh.. !!! Lama juga kita Photo2 diatas Udah puas, turun deh…. Habis itu, kita menuju Monumen 0 Km Anyer – Panarukan. Sedih banget kalo kita ingat sejarahnya… Bayangkan, proyek ini memakan korban yang tidak sedikit! Kerja Rodi, di jaman penjajahan. Hiks….

Sebelum pulang, mampir dulu ke tempat yang jual2 kaos. Sedikit oleh2 penanda kalo kita udah main ke Anyer Ga pernah ketinggalan tuh gw beli kaos merchandise tiap jalan2. Walhasil, tuw kaos buanyaaaak banget numpuk di lemari Sekitar jam 5, kita meninggalkan lokasi Mercusuar. Pengennya sih nunggu Sunset, tapi takut kemaleman sampe Jakarta! Kan mau mampir dulu ke Cilegon ktemu temen, sama wisata kuliner makan ”Bakso Goyang Lidah” disebrang pusat perbelanjaan Mayofield, sekalian beli Oleh2. Kalo udah jam 6, angkutan luar kota bisa masuk ke dalem kota. Jadi kita ga usah jauh-jauh ke Terminal dulu.

Fiuuuh…akhirnya 2 hari yg melelahkan berakhir sudah! Tepaaaaaaaar banget…mana sebelumnya udah kena Flu. Walhasil, besoknya gw terkapar seharian dengan sukses di ”pantai indah kapuk” alias tempat tidur Kapok jalan2? Hehe..NGGA’ TUH. Malah pengen lagi, kurang lama nih. Blom puasssssssss….. Oh ya,yg patut disayangkan, jalanan ke Anyer dari Cilegon kemarin tuh JELEK banget. Rusak. Trus emang sedang dalam perbaikan sebagian, jadi buka-tutup gitu jalurnya,kaya’ kalo kita ke puncak Wik En. Bikin macet..cet..cet.. So,buat yg mau main ke Anyer. Kapan2 deh, di-pending dulu, nunggu jalannya selesai dibagusin. Daripada lama dijalan, ga’ worth it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s