Wisata Kuliner Bogor

Posted: February 12, 2011 in Travel

Bogor, ternyata tidak kalah dengan kota lainnya soal wisata kuliner. Sebetulnya sudah dari dulu pengen wisata kuliner kesana, tapi baru kesampaian minggu lalu pas libur Imlek. Selama ini, kalau ke Bogor, Roti Unyil Venus lagi… Asinan Bogor lagi… Ga’ bosan sih, tapi mau juga nyobain yang lain. Toge Goreng? Udah nyobain, tapi ga’ begitu suka.

Ke Bogor, aku sama si Ade’, naik KRL AC Ekonomi. Sebetulnya ini “accident”. Hehee… Gara-gara terlalu kepagian dari jadwal keberangkatan Pakuan Express yang rencananya akan kita naiki. Kereta yang berangkat lebih awal, ya AC Ekonomi itu. Not so bad laah… tapi lebih penuh dibanding penumpang Kereta Pakuan, kita akhirnya harus berdiri Gondangdia – Bogor. Kalau naik Pakuan, berharapnya sih bisa duduk.

Berangkat dari Gondangdia sekitar pukul 10 kurang, jam 11-an kita sudah sampai Bogor. Langsung menuju ke tempat kuliner pertama, karena belum saatnya makan siang, kita mampir ke Resto Death By Chocolate (DBC) & Spagheti di Jl.Ciremai 22. Dari stasiun, tinggal naik jalur 02 terus turun di Taman Kencana. Dari Taman Kencana, bisa naik angkot 08a atau jalan kakai ke arah Jl.Ceremai. Tempat yang kita datangin Masih pagi, masih sepi. Tapi di areal belakang, ternyata sudah di-booking orang yang lagi pada meeting. Kita pilih di halaman samping, di tempat lesehan.  Menu yang kita pesan : special “dbc” ala mode (Rp 29.000/porsi) dan Fritata. Special DBC ala mode itu, bawahnya lapisan coklat, atasnya ice cream. Legiiiiiiiiiiiiiiit banget! Yummy…. Coklatnya kayak karamel gitu. Dimakan berdua juga udah berasa kenyang. Tapi kita tetep nerusin buat makan menu kedua kita, yaitu Fritata. Fritata, kalau berdasarkan pengamatan saya sih seperti spagheti yang dicampur telor dll trus dimasukin wadah, dipanggang. Kaya’ Macaroni Schotel gitu kali ya… Dimakan pakai saos lebih yummy :-) DBC yang di Bogor ini, kalau dari browsing-browsing sih bukan franchise, bukan temennya DBC yang di PI. Saya lihat dekorasinya juga unik, disini banyak tempelan gambar-gambar mahluk menyeramkan seperti Vampire dkk. Tapi tidak usah takut, tempatnya cozy!

Lanjut dari situ, kita balik lagi ke arah Taman Kencana. Sekitar sini ternyata banyak banget kulinernya. Nyebrang dikit, kita mampir ke Macaroni Panggang di Jl.Sanggabuana, lanjut ke Pia Apple Pie di Jl.Pangrango. Jangan dikira karena nama jalannya beda trus tempatnya jauh. Bisa jalan kaki, deket kok :-) Ga’ dimakan disitu, kita bungkus buat oleh-oleh plus buat bekal di Kebon Raya Bogor (KRB) nanti. Rencananya, kita mau mampir ke KRB. Ga Afdhol rasanya kalau ke Bogor tapi tidak mampir ke KRB-nya :-) Biar Cuma sekedar foto-foto terus pulang lagi. Hehee..

Dari Kebon Raya Bogor, karena sudah saatnya makan siang, hujan pula… kita mencari kuliner yang sedikit berat buat makan siang. Dari sebrang pintu utama Bogor, kita naik angkot menuju sepanjang Jl.Suryakencana. Maunya sih nyobain Ngohiang Bogor,penasaran seperti apa rasa dan bentuknya. Tapi karena ini libur Imlek, jadinya banyak toko China yang tutup. Akhirnya, kita mampir di Soto Kuning Pa Yusuf. Saya kira soto kuning Pa Yusuf Cuma ada satu, kita turun aja di lokasi pertama, pas nerusin perjalanan ternyata banyak juga soto kuning Pa Yusuf di lokasi lainnya :-) Yang saya datangi bukan restoran besar, hanya warung tenda kaki lima. Di Gerobaknya sih ada tempelan berita koran tentang soto kuning itu sama tempelan stiker Trans7. Yang datang juga lumayan banyak. Jadi,kita berasumsi ini memang lokasi soto kuning yang lumayan laku ;-)

Lanjut dari soto kuning, kita cari Roti Unyil Venus. Karena lama ga’ ke Bogor, ternyata lokasinya sudah pindah. Dulu, Roti venus ada di sebelah toko asinan di Sukasari.    Sekarang sudah pindah ke Jl.Pajajaran,sebelah Plaza. Meskipun tempatnya sudah lebih besar dari tempat dulu, tapi yang antri masih saja berjubel kaya’ dulu! *Fiuuuuh…. Untungnya saya termasuk yang beruntung, dilayani tidak begitu lama. Dan disinilah perjalanan kuliner terakhir saya di Bogor. Sebetulnya, kalau sudah di sini lebih dekat ke terminal bus Baranangsiang. Tapi karena kita lebih nyaman naik kereta, akhirnya kita harus jauh balik lagi ke Stasiun Bogor.

Comments
  1. komplit, next time ke bogo mau coba juga…manstab!

2. jul2julia says:

Siap! ;) sillahkan mencoba…

3. nice info…banyak pilihan nech buat oleh-oleh kalo jalan2 ke bogor

4. sepertinya enak tuh,,..
    akhir tahun kalau libur lama boleh nih kesana